Seniman Padang Abdi Setiawan Pameran Tunggal di Redbase Art

Jakarta - Nama Abdi Setiawan sudah melanglang buana dan berkiprah dalam Komunitas Seni Sakato (Sakato Art Community) Yogyakarta. Dalam berkarier di seni rupa khususnya patung, Abdi sering mengangkat figur-figur manusia dalam karyanya.

Kali ini, di Rebbase Art Galeri Ciputra lantai 12, Abdi memamerkan karya seni instalasinya yang berjudul 'The Future is Here' hingga 30 November 2014 mendatang. Patung kayu jati yang dibuatnya ini menggambarkan seorang satpam yang mengawasi anak-anak bermain.


Uniknya, ada yang memegang senjata dan topeng wajah harimau. Serta di ujung terdapat patung wanita berwarna hitam yang nampak hanya melihat.


Figur anak-anak ini berdasarkan dari pengalaman di lingkungannya. "Studio seni saya beda satu gedung dengan Taman Kanak-Kanak (TK), dan setiap sore di halaman banyak yang main bola. Ini mengajak saya ke pemikiran, bagaimana kalau figur mereka berubah," ungkapnya kepada detikHOT Kamis (30/10/2014).


Dari yang baik berubah menjadi jahat atau memiliki perangai tak baik. "Sebelumnya saya juga pernah membuat patung preman dan rumah bordir. Mungkin ini yang mempengaruhi saya juga."


Seniman kontemporer kelahiran 29 Desember 1971 ini sehari-hari berkarya di kota Yogyakarta. Ia merupakan lulusan ISI Yogyakarta di tahun 1993-2003. Karya-karyanya banyak dibeli oleh kolektor Italia.


(tia/tia)