Gara-gara Dialog Soal Microwave, Film 'American Hustle' Dituntut Rp 12 Miliar

Jakarta - Film 'American Hustle' dituntut seorang jurnalis karena sebuah dialog tentang microwave dalam sebuah adegan. Jurnalis bernama Paul Brodeur merasa dirugikan karena namanya disebut.

Paul mendaftarkan tuntutannya ke Los Angeles Superior Court pada 28 Oktober lalu. Ia menuntut US$ 1 juta atau sekitar Rp 12 miliar.


Dalam sebuah adegan di 'American Hustle', nampak karakter Jennifer Lawrence mengatakan pada karakter Christian Bale bahwa microwave bisa menyedot nutrisi makanan. "Omong kosong," kata karakter Bale menanggapi.


Lawrence kemudian mengatakan lagi, "Ini bukan omong kosong. Aku membacanya di artikel. Lihat, tulisan Paul Brodeur."


Paul sendiri melayangkan gugatannya pada Columbia Pictures, Atlas Entertainment dan Annapurna Pictures atas tuduhan fitnah dan pencemaran nama baik. "Adegan dari film 'American Hustle' dimana terdapat pernyataan fitnah dirasakan ofensif," tulis gugatan tersebut seperti dilansir The Hollywood Reporter, Jumat (31/10).


Paul telah membantah bahwa dirinya membuat pernyataan bahwa microwave bisa menghilangkan nutrisi pada makanan. "Aku tidak pernah menulis di The New Yorker, dimana aku telah menjadi staf selama hampir 40 tahun, atau di majalah manapun, atau memberikan pernyataan bahwa microwave bisa mengakibatkan itu," tulisnya pada Huffington Post.


(ich/ich)