Indonesia dan Tiongkok Kerjasama Garap Film Komedi '55 Times'

Jakarta - Duta Besar Republik Indonesia untuk RRT dan Mongolia, Soegeng Rahardjo, telah menyaksikan penandatanganan MoU antara Produksi Film Negara (PFN) dan Ocean Century Pictures (OCP) Chongqing mengenai pembuatan bersama film layar lebar, Selasa (18/11).

Dalam sambutannya, Duta Besar RI berharap pembuatan film bersama ini akan membuka jalan bagi dikembangkannya kerja sama serupa oleh produser-produser film lainnya di Indonesia dan Tiongkok. Utamanya, diharapkan akan semakin banyak produser film Tiongkok yang akan tertarik untuk melakukan syuting film di Indonesia, yang sangat terkenal dengan keindahan alam dan kreativitas masyarakatnya.


Peningkatan kerja sama di bidang perfilman seyogyanya akan semakin mendorong upaya untuk lebih mendekatkan masyarakat Indonesia dan Tiongkok. "Tak kenal, maka tak sayang", ungkap Duta Besar RI dalam keterangan pers yang diterima detikHOT.


Oleh karena itu, dengan memperkuat people-to-people contacts melalui film, ke depannya akan menjadi lebih mudah untuk meningkatkan kerja sama di bidang-bidang lainnya, termasuk perdagangan, investasi, dan pariwisata.


OCP adalah perusahaan asal Chongqing yang tahun ini saja telah memproduksi dua film layar lebar berbahasa Mandarin yang berjudul "The Break-Up" dan "The Suspicion". Keinginan untuk melakukan kerja sama dengan PFN didorong oleh anjuran Pemerintah RRT agar perusahaan-perusahaan Tiongkok lebih berani dalam berinteraksi dengan dunia internasional. Chongqing, sebagai sentra pengembangan perekonomian bagian barat Tiongkok, selama ini adalah salah satu fokus bagi KBRI Beijing dalam lebih meningkatkan kerja sama bilateral di berbagai bidang.


Film komedi yang rencananya diberi judul "55 Times" ini akan menjadi co-production pertama antara Indonesia dan Tiongkok. Proses syuting akan dilakukan sebagian besar di Bali pada Januari-Februari 2015.


Dalam waktu dekat akan dilakukan casting, yang tentunya akan melibatkan aktor dan aktris dari Indonesia. Dengan dukungan PFN dan pihak-pihak terkait di Indonesia, OCP percaya bahwa proyek film kali ini akan menelurkan ide-ide baru untuk co-production film lainnya antara Indonesia dan Tiongkok.


Diharapkan film ini akan rampung pada paruh kedua tahun 2015, dan siap ditayangkan di bioskop-bioskop di Indonesia dan Tiongkok sebagai bagian dari kegiatan perayaan ulang tahun hubungan diplomatik RI-RRT ke-65.


(ich/ich)