Riri Riza Pulang Kampung ke Makassar Promosikan Film 'Sokola Rimba'

Makassar - Sineas muda berbakat Riri Riza, yang sukses menyutradarai beberapa film nasional sengaja pulang ke kampung halamannya di Makassar. Hal itu dilakukan demi mempromosikan film terbarunya, 'Sokola Rimba'.

Riri mengajak aktivis pendidikan, wartawan dan anak-anak dan orangtuanya nonton bareng film 'Sokola Rimba' di bioskop XXI Mall Ratu Indah, Makassar, kamis (28/11).


"Saya sengaja ke Makassar karena apa yang ada di film ini juga dekat dengan warga Makassar. Di sini juga ada masyarakat pedalaman, seperti Suku Kajang," tuturnya kepada detikHOT saati ditemui di bioskop XXI Mall Ratu Indah, Makassar, kamis (28/11).


"Banyak juga lembaga inisiatif pendamping, saya ingin sampaikan lewat film ini bahwa Indonesia itu multikultur, tidak semua orang tinggal di kota, sama tingkat pendidikannya, sama kebiasaan budayanya," sambungnya.


Riri menambahkan film yang dibintangi Prisa Nasution yang menggambarkan sosok Butet Manurung yang mengajari anak-anak rimba Suku Anak Dalam di Taman Nasional Bukit 12 di Jambi tentang keragaman budaya Indonesia.


Film ini direkam langsung di rimba pedalaman dan ikut diperankan oleh orang-orang Suku Anak Dalam. "Saya yakin banyak yang terkejut, di mana masih ada orang Indonesia yang hidup tak berbaju di alam rimba, memakan daging dari hasil buruannya bukan dari peternakan," ucapnya.


"Ini penting buat anak-anak kita, saya pikir kalau anak di tingkat SMP belum menyadari keragaman budaya bangsa ini, kita punya resiko nanti, kita akan tumbuh menjadi masyarakat intoleran, masyakarat yang mayoritas saja," pungkas Riri.


(mna/fk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!