'Fast and Furious 6' Dibalap Film Biaya Rendah 'The Purge' di Puncak Box Office

Jakarta - Setelah dua pekan berturut-turut menduduki puncak box office Amerika Utara, jalan 'Fast and Furious 6' mulai melambat perlahan. Posisi film tersebut di puncak box office kemudian dibalap film berbiaya rendah, 'The Purge'.

Film yang disutradarai James DeMonaco itu 'hanya' diproduksi dengan biaya US$ 3 juta, dan meraup US$ 36,4 juta di pekan pertama pemutarannya . Hasil tersebut tentunya cukup mengejutkan, apalagi sejumlah pesaing film itu dibuat dengan biaya hingga puluhan kali lipat.


Menurut pengamatan chief correspondent situs tiket film Fandango.com, Dave Karger, kesuksesan 'The Purge' di box office berasal dari premisnya yang unik. Konsep cerita filmnya, 'Bagaimana jika tindakan kriminal diperbolehkan selama 12 jam, satu kali dalam setahun?'


"Konsepnya sangat berbeda, itu membuat orang-orang penasaran untuk menonton," ujarnya seperti dilansir USA Today, Senin (10/6/2013).


Sementara itu, film pendatang baru lainnya 'The Internship' mencetak hasil yang kurang bagus. Menerima ulasan buruk dari para kritikus, film komedi Vince Vaughn dan Owen Wilson itu memiliki pendapatan US$ 18,1 juta, dan menempati peringkat empat box office.


Berikut ini sepuluh besar box office Amerika Utara pekan lalu:


"The Purge" - $36.4 juta

"Fast and Furious 6" - $19.8 juta

"Now You See Me" - $19.5 juta

"The Internship" - $18.1 juta

"Epic" - $12.1 juta

"Star Trek Into Darkness" - $11.7 juta

"After Earth" - $11.2 juta

"The Hangover Part III" - $7.4 juta

"Iron Man 3" - $5.8 juta

"The Great Gatsby" - $4.2 juta


(ich/mmu)