XXI Short Film Festival 2015 Terima 641 Pendaftar

Jakarta - Memasuki tahun ketiga, XXI Short Film Festival kembali digelar. Kali ini, sebanyak 641 pembuat film pendek mendaftarkan diri di ajang bergengsi film pendek Tanah Air.

"Kami merasa senang dan sekaligus bangga atas animo yang luar biasa dari para pembuat film di seluruh Indonesia. Terlebih di tahun ke-3 festival ini diadakan," ungkap Catherine Keng, Festival director XXI Short Film Festival saat media gathering di XXI Kota Kasablanka, Kamis (18/12/2014).


Sebagai bisokop dengan jaringan terbesar, Cinema XXI mendukung industri perfilman dengan ajang tersebut. Ajang ini menghasilkan film-film dari anak muda berbakat yang ingin mulai berkarya dalam dunia perfilman.


Selain kompetisi film pendek, XXI Short Film Festival 2015 juga kembali menghadirkan Pitching Forum. Acara ini merupakan sebuah program bagi para filmmaker pemula untuk mempresentasikan ide cerita film pendek mereka yang akan berkesempatan meraih pendanaan dari Cinema XXI.


"Animo peserta di tahun ketiga ini sangat menggembirakan. Jumlah film pendek yang terdaftar mencapai 641 film," lanjutnya.


Pada tahun ketiga ini XXI Short Film Festival juga akan menghadirkan sederet Filmmakers berkelas internasional dari A-list speaker untuk memberikan Master Class mengenai filmmaking dan film education.


Selama masa pendaftaran kompetisi film pendek Indonesia untuk XXI Short Film Festival 2015 yang dibuka pada 8 September 2014 hingga 10 Desember 2014, panitia telah menerima 641 pendaftaran film pendek untuk tiga kategori kompetisi, yaitu:


1. Film pendek fiksi naratif sebanyak 471 film.

2. Film pendek dokumenter sebanyak 108 film.

3. Film pendek animasi sebanyak 62 film.


Bonusnya, para peserta yang sudah mendaftar akan mengikuti program seperti, workshop, pitching presentation, production.


(tia/fk)