Ria Irawan Kurang Suka dengan Peringatan Hari Ibu

Jakarta - Peringatan Hari Ibu di Indonesia dirayakan secara nasional pada tanggal 22 Desember. Namun aktris Ria Irawan mengaku kurang suka dengan peringatan Hari Ibu tiap tanggal tersebut.

Bukan tanpa alasan Ria mengungkapkan pendapatnya, yang mungkin menurut sebagian pihak sedikit nyeleneh. Bintang film 'Arisan! 2' itu mengatakan, Hari Ibu yang diperingati secara nasional tiap 22 Desember, sejatinya adalah ulang tahun hari pembukaan Kongres Perempuan Indonesia yang pertama, yang digelar dari 22 hingga 25 Desember 1928.


"Aku nggak suka dengan Hari Ibu di Indonesia karena itu dulu cuma harinya ibu-ibu kongres pertama kali," ucapnya saat ditemui di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Sabtu (20/12/2014) malam.


Tanggal tersebut awalnya dipilih untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Kini, arti Hari Ibu telah banyak berubah, dimana hari tersebut kini diperingati dengan menyatakan rasa cinta terhadap kaum ibu.


"Tapi kalau ngomongin soal ibu, aku sangat mencintai ibuku. Kapan aja di mana aja, bukan karena Hari Ibu. Apalagi sekarang aku udah nggak ada rahimnya, aku nggak suka," lanjutnya.


Ria memang saat ini tengah melawan penyakit kanker kelenjar getah bening stadium 3. Berbagai upaya pengobatan telah dilakukannya rutin dengan semangat, meski kini rambutnya mulai rontok karena efek kemoterapi.


(ich/ich)