Menang Film Terbaik FFI, 'Cahaya dari Timur Beta Maluku' Tayang Lagi di Bioskop

Jakarta - Film arahan sutradara Angga Sasongko 'Cahaya dari Timur Beta Maluku' kembali ditayangkan di bioskop setelah pada perhelatan Festival Film Indonesia 2014 lalu keluar sebagai Film Terbaik. Hal ini juga terjadi pada film 'Sang Kiai' tahun lalu.

Selain 'Soekarno', 'Cahaya dari Timur: Beta Maluku' berhasil mengalahkan film '3 Nafas Likas', 'Sebelum Pagi Terulang Kembali', dan 'Sokola Rimba'. Film ini sebelumnya telah beredar di bioskop pada 17 Juni lalu.


'Cahaya dari Timur: Beta Maluku' bercerita tentang Sani Tawainella (Chicco Jericho) yang ingin menyelamatkan anak-anak di kampungnya dari konflik agama yang terjadi di Ambon melalui sepak bola. Di tengah kesulitan hidup serta pilihan antara keluarga atau tim sepakbolanya, Sani ditugaskan membawa timnya mewakili Maluku di kejuaraan nasional.


Namun keputusannya membaurkan anak-anak yang berbeda agama dalam satu tim justru menyebabkan perpecahan. Sani melalui pun berusaha melalui itu semua dan membawa cerita baik bagi Maluku.


Dalam pidato kemenangannya dari panggung FFI awal Desember lalu, Angga memberikan apresiasi kepada tim yang terlibat dalam proses produksi. "Ini bukan cuma kerja satu atau dua orang. Hebatnya kru mengorbankan seluruh keluarga dan penghasilan. Kemudian kami mendapat Citra itu anugerah. Apa yang kami kerjakan mendapat apresisasi luar biasa," ucapnya.


Pemberian anugerah Film Terbaik FFI 2014 diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi yang menyempatkan hadir di sela-sela blusukannya ke kawasan Sumatera Selatan.


(ich/ron)