Ditemukan Sketsa Raja George III

Jakarta - Sebuah sketsa gambar arsitektur milik Raja Inggris George III ditemukan di British Library kemarin. Gambar ini diyakini dibuatnya ketika berada dalam masa 'kegilaan'.

Kepala koleksi British Library Peter Barber mengatakan sketsa ini dikerjakan George III bukan pesanan dari orang. "Ada bentuk-bentuk yang agak aneh dan sangat mengganggu," katanya dilansir dari BBC, Jumat (19/12/2014).


Sketsa tersebut ditemukan terselip dalam gulungan karya-karya sketsa tentang istana Hanover di Jerman. Diagram bangunan tersebut menggunakan tinta di atas goresan pensil dengan 'cara agak berantakan'.


Karya seni arsitektural ini berukuran besar. Sayangnya antar ruangan ke ruangan lainnya tidak memiliki akses keluar-masuk yang jelas. Di dalamnya dikelilingi oleh empat tangga.


"Tapi beberapa kamar tidak memiliki pintu sama sekali dan tidak ada cara untuk mendapatkan akses ke ruangan di depannya," katanya.


Meski gambarnya sedikit tidak jelas, banyak teori berkembang bahwa Raja George III mengalami depresi, menderita bipolar atau kepribadian ganda, bahkan dalam situasi kejiwaan terganggu.


"Ini adalah satu-satunya karya yang dikerjakannya saat periode kejiwaan terganggu," tambahnya lagi.


(tia/mmu)