Makna Taubat di Mata Ustad Solmed

Jakarta - Ustad Solmed bicara mengenai makna taubat. Menurut pria bernama asli Soleh Mahmud itu, Islam hanya mengenal satu konsep taubat. Apa itu?

"Sebenernya taubat itu cuma satu, ya taubatan nasuhah, cuma orang membagi ada yang nyebut taubat sambel, tapi taubat ya cuma satu, taubatan nasuhah," jelas Solmed kepada detikHOT.


Menurut suami April Jasmine itu, taubat merupakan proses seseorang yang meninggalkan semua kesalahan untuk menuju kebaikan secara sungguh-sungguh.


"Taubat itu kan sebuah proses kembalinya seseorang dari kesalahan menuju kebaikan. Taubat yang paling baik adalah taubatan nasuhah. Taubat yang benar-benar disesali lalu kemudian diusahakan untuk tidak diulangi lagi," urainya.


"Kemudian diisi kesalahan itu dengan berbagai macam kebaikan, untuk menebus kesalahan kemarin," lanjutnya.


Diperjelas lagi oleh Solmed, proses pertaubatan seseorang sebenarnya tidak harus dipenuhi beragam syarat. "Cukup dia dengan Allah aja, istighfar, melakukan salat taubat dan di hatinya ada penyesalan, itu sudah cukup," terangnya.


Selain itu, Solmed menekankan salah satu yang harus diperhatikan dalam urusan ini. Menurutnya, seseorang yang sudah meneguhkan diri untuk bertaubat tidak boleh mengumumkan pertaubatannya.


"Kalau bisa jangan dikasih tahu orang. Diumbar malah dosa. Cukup kita dengan Allah. Tidak ada istilah di Islam pengakuan dosa," tekannya.


(kmb/mmu)