'Harry Potter' dan 'Fifty Shades of Grey' Buku Ekspor Tersukses

Jakarta - Buku-buku karangan JK Rowling dan 'Fifty Shades of Grey' karya EL James telah memecahkan rekor penjualan tercepat di Inggris. Dua buku fiksi tersebut juga meraih predikat sebagai buku ekspor tersukses di seluruh dunia.

Menurut International Publishers Association, Inggris menghasilkan buku per kapita lebih banyak dibandingkan negara-negara lainnya. Tahun lalu, terdapat 184 ribu buku diterbitkan, Tiongkok menghasilkan 444 ribu dan posisi ketiga ditempati Amerika Serikat sebanyak 304.912 judul.


Namun, untuk jumlah per kapita, Amerika Serikat menempati peringkat ke-12 dan Tiongkok ke-25 di seluruh dunia. Posisi ke-4 dan berikutnya diraih oleh Taiwan dan Slovenia dengan angka yang sama yakni 1.831 judul.


Baca Juga: Sembilan Matahari Tampilkan 'Constellation Neverland' di Taiwan


Disusul oleh Spanyol sebanyak 1.626 judul, Georgia 1.547 judul, dan Republik Ceko yakni 1.509 judul. Ketua Asosiasi Penerbit Richard Mollet mengatakan Inggris mengalami penurunan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.


Berbeda dengan produksi di Australia yang jumlahnya naik daripada tahun lalu. "Inggris memiliki tradisi mendongeng yang besar. Kami juga punya sejarah penerbitan dan semangat ekonomi kreatif," katanya, Kamis (5/2/2015).


Diperkirakan ekspor terlaris di Inggris mencapai 40 persen dari penjualan. Selain 'Harry Potter' dan 'Fifty Shades of Grey', judul non-fiksi lainnya yang meraih kesuksesan adalah Guiness Book of Records dan buku masak Jamie Oliver.


(tia/mmu)