Instalasi 'Awan dan Hujan' Sembilan Matahari Disukai Publik Internasional

Jakarta - Karya seni instalasi 'awan dan hujan' atau dikenal dengan 'Constellation Neverland' karya Sembilan Matahari sudah dibawa keliling festival seni Tanah Air dan internasional. Awal 2015, karya tersebut kembali ditampilkan di Super Good Interactive Art Exhibition 2015, Taiwan.

CEO and Creative Head PT Sembilan Matahari Adi Panuntun mengatakan para penggemar dari instalasi 'awan dan hujan' sudah memiliki peminat tersendiri. "Untuk pengunjung dari Swiss, Jepang, dan Taiwan, 'awan' ini punya banyak penggemar, apalagi cewek," katanya kepada detikHOT, Kamis (5/2/2015).


Mayoritas para pengunjung yang melihat karya seni instalasi tersebut memiliki 'emotionally engaged'. "Kalau ambil istilahnya dari mas Garin Nugroho, karyanya simplicity yang membuatnya jadi lebih dalam dan puitis," ucap Adi.


Baca Juga: Sembilan Matahari Tampilkan 'Constellation Neverland' di Taiwan


Adi menghadiri pameran seni tersebut bersama dengan perwakilan Sembilan Matahari lainnya, Debbie Rivinandya. Di event tersebut, Adi juga menjadi pembicara bersama dengan dua orang seniman digital asal Taiwan.


Perhelatan akbar 'Super Good Interactive Art Exhibition 2015' di Taiwan ini digelar pada 3-6 Februari 2015. Di tanggal yang sama, Sembilan Matahari juga mengirimkan perwakilannya ke Hanoi, Vietnam untuk menjadi pembicara di workshop 'art and public space' dan memberikan tutorial video mapping.


Perwakilannya yakni Yusvatria Adri (production supervisor) dan Rio Julian (visual artist). Setelah festival di Taiwan, mereka akan kembali menampilkan karyanya di Mira Festival Barcelona dan kompetisi 'Moscow Light Festival' serta 'Amsterdam Light Festival'.


(tia/mmu)