Dalam Sejam, Lima Lukisan Monet Terjual Rp 1 Triliun

Jakarta - Lima lukisan karya Monet berhasil terjual dalam waktu satu jam senilai Rp 1 triliun. Rekor ini menjadi yang tertinggi di Rumah Lelang Sotheby, London.

Rumah Lelang yang sudah berusia 271 tahun itu mengatakan pembeli karya Monet berasal dari 35 negara. Namun, kolektor asal Asia dan Rusia menjadi yang terkuat di pasar seni rupa.


"Pasar seni dari kolektor Asia dan Rusia ada kekuatan," ujar perwakilan Sotheby Helena Newman, dilansir dari BBC, Kamis (5/2/2015).


Baca Juga: Instalasi 'Awan dan Hujan' Sembilan Matahari Disukai Publik Internasional


Salah satu karya Monet yang pertama kalinya dijual adalah koleksi dari Museum of Modern Art, New York berjudul 'Les Peupliers a Giverny'. Lukisan tersebut ditawar seharga Rp Rp 205 miliar.


Lukisan-lukisan yang terjual tersebut yakni 'Le Grand Canal' Rp 442 miliar, 'Les Peupliers' Rp 205 miliar, 'L'Embarcdere' Rp 196 miliar, 'Antibes vu de la Salis Rp 167 miliar, dan 'Vase de Pivoines' Rp 42,3 miliar.


Baca Juga: Sembilan Matahari Tampilkan 'Constellation Neverland' di Taiwan


Selain lukisan Monet yang dijual, terdapat lelang lukisan karya Matisse 'Odalisque au fauteuil noir' yakni sebuah potret putri terakhir Turki. Harganya dijual Rp 300 miliar.


Serta patung burung hantu yang disebut 'Chouette' karya Pablo Picasso. Patung tersebut terinspirasi dari burung hantu peliharaannya dan dilelang Rp 23 miliar.


(tia/mmu)