Jackie Chan Diberi Gelar Datuk, Warga Malaysia Protes

Jakarta - Akhir pekan lalu, aktor Jackie Chan mengejutkan warga Malaysia dengan kemunculannya di Kuala Lumpur. Aktor asal Hong Kong tersebut diberi gelar kehormatan Datuk Malaysia.

Dikutip dari Hollywood Reporter, Jumat (6/2/2015) gelar kehormatan tersebut diberikan oleh raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Tuanku Alhaj Abdul Halim Mu'adzam Shah. Tak hanya Jackie, 71 orang lainnya juga diberi gelar yang sama pada Minggu (1/2) lalu.


Bersamaan dengan tersebarnya berita mengenai pemberian gelar tersebut, tak sedikit warga Malaysia yang mempertanyakannya. Mereka tak melihat adanya kontribusi yang dilakukan oleh Jackie untuk Malaysia sehingga pantas diberikan gelar Datuk.


Salah satunya aktor dan sutradara asal Malaysia, Afdlin Shauki, mengungkapkan rasa penasarannya melalui akun Facebook miliknya. "Sebagai orang Malaysia, kita semua tahu adalah sebuah kehormatan besar untuk diberi gelar tersebut (bukan dibeli). Akan sangat lebih berarti jika gelar tersebut diberikan kepada warga Malaysia yang membuat negara bangga dengan kontribusi mereka," tulisnya.


Twitter pun tak kalah ramai dengan komentar mengenai pemberitaan tersebut. Seperti pengguna Twitter bernama Shukur Hasan, yang juga menyampaikan kritiknya.


"Hal ini menunjukkan betapa tak berartinya gelar tersebut. Apa kontribusi Jackie Chan untuk negara kita?" kicaunya geram.


Hollywood Hot Profile Pekan Ini: Dakota Johnson


Mendengar keributan tersebut, Menteri Luar Negeri Malaysia, Datuk Seri Tengku Adnan Mansor, segera memberikan pembelaan untuk Jackie. Hal tersebut diungkapkan melalui akun Twitter-nya.


"Jackie Chan adalah seorang aktor yang memiliki banyak fans di Malaysia dan bisa mempromosikan Malaysia, khususnya Kuala Lumpur. Ia layak mendapatkan gelar tersebut," tulisnya sambil mengunggah beberapa foto bersama sang aktor.

(dal/mmu)