Kalung Berlian Taj Mahal Rp 113 M Elizabeth Taylor Jadi Sumber Pertikaian

Jakarta - Kalung berlian milik legenda dunia seni peran, Elizabeth Taylor, yang berasal dari abad ke-17 kini menjadi sumber pertikaian. Kalung tersebut diberikan kepada mendiang Elizabeth oleh Richard Burton untuk kado ulang tahunnya yang ke-40.

Kalung tersebut dilelang dalam acara pelelangan perhiasan-perhiasan Elizabeth pada Desember 2011 lalu dan terjual seharga US $8,8 juta atau setara dengan Rp 113 miliar. Kini, pihak pelelang membatalkan transaksi atas nama sang pembeli dan meminta uang kembali dari keluarga Elizabeth. Namun pihak keluarga menolak.


Pada awalnya, kalung berbentuk hati tersebut diperkirakan laku seharga US $300 ribu hingga US $500 ribu. Namun seseorang berani membeli hingga 20 kali lebih banyak karena dipercaya dulunya dimiliki oleh Shah Jahan, pemilik Taj Mahal.


Dikutip dari Daily Mail, Jumat (27/2/2015) sang pembeli membatalkan transaksi karena kalung tersebeut diduga bukan milik kaisar Mughal, seperti yang telah diinformasikan sebelumnya. Pihak keluarga menolak karena hal tersebut bertentangan dengan aturan pelelangan yang sudah disetujui.


Baca juga: Tiba-tiba Dicium John Travolta di Oscar, Ini Kata Scarlett Johansson


Para wakil dari pihak keluarga pun malam membalik serangan dengan mengklaim pihak pelelang belum memberikan ganti uang dari beberapa perhiasan yang hilang ketika akan dilelang. Hingga kini, masalah tersebut belum terpecahkan oleh kedua belah pihak.


Kisah asmara Elizabeth Taylor dan Richard Burton adalah kisah yang paling banyak didokumentasikan dalam sejarah. Keduanya bertemu di Roma dan menjalin hubungan spesial walaupun keduanya telah resmi menikah dengan orang lain.


(dal/mmu)