Michael Keaton, dari Batman ke Birdman


Kamis, 26/02/2015 16:30 WIB


Adhie Ichsan - detikHOT

Halaman 1 dari 2



Di film black comedy 'Birdman', Michael Keaton mengatakan bahwa dirinya harus memainkan empat karakter. Tapi, satu penjiwaan karakter yang cukup familiar adalah ketika ia harus melepas kostum superheronya.

Michael Keaton yang kini berusia 63 tahun itu memerankan tokoh Riggan Thomson. Dia adalah aktor insecure yang memiliki kesempatan kedua untuk meraih kesuksesan dan popularitas.


Keaton mengatakan karakter Riggan selalu mementingkan dirinya sendiri, dan cenderung narsis. "Ketika kamu memiliki sembilan anak, tak ada ruang untuk itu," kata anak bungsu dari 7 bersaudara itu.


Baca Juga: Tak Raih Oscar, Michael Keaton Tertangkap Kamera Simpan Lagi Kertas Pidato


Dalam film, Riggan mengalami krisis identitas dan kreativitas. Dia sebelumnya terkenal sebagai superhero Birdman dalam tiga film yang sukses. Tetapi, ia keluar dari seri film itu dan berjuang mencari jati diri sebagai aktor. Riggan mencoba membuktikan bahwa dirinya memiliki jiwa artistik dengan menjadi sutradara dan pemain utama untuk cerita adaptasi Raymond Carver di panggung Broadway.


Selama menyiapkan perannya untuk pertunjukan Broadway, Riggan selalu diikut keraguan, kecemasan dan rasa tak percaya diri. Ia juga dihantui tokoh Birdman yang merupakan refleksi dari kepribadiannya yang lain. Birdman ingin meraih kejayaan dan popularitasnya sebagai superhero.


Keaton menggambarkan pengalamannya memerankan tokoh Batman pada 1989 dan 1992 untuk menjiwai karakter Birdman yang memiliki alter ego. Keaton ingat dirinya mengalami Klaustrofobia saat menggunakan kostum Batman di film Tim Burton.


(ich/mmu)