Di Reruntuhan Gaza, Banksy Bikin Grafiti Terbaru

Jakarta - Bagi seniman Banksy tahun baru harus melakukan perjalanan dan karya grafiti terbaru. Setelah menghebohkan New York beberapa waktu lalu selama satu bulan, kini giliran Gaza Palestina yang diisi oleh grafiti stensil buatannya.

Seniman yang identitasnya tersembunyi dan selalu mengenakan jaket hoodie dan tas ransel tersebut pergi menyamar. Sebelum melakukan perjalanan, Banksy mempublikasikan terlebih dahulu video berdurasi dua menit dan menampilkan perjalanannya secara ilegal.


"Jadikan tahun ini, tujuan baru bagi Anda. Selamat datang di Gaza," ucap Banksy di awal video, seperti dilansir detikHOT, Jumat (27/2/2015).


Video tersebut menampilkan sempitnya terowongan yang dilewati Banksy. Hingga mencapai sebuah perkampungan penduduk dengan kondisi banyak bangunan yang sudah hancur.


Baca Juga: Pentaskan 'Beauty and the Beast', Ini Backstage Ciputra Artpreneur Theater


"Tahun 2014, operasi militer Israel yang mentarget militan Hamas menghancurkan 18 ribu rumah," ucap suara tersebut.


Di pertengahan video, para penonton akan melihat karya-karya terbaru Banksy. Ia hadir dalam video dengan penampilan yang sama dan membuat stensil seorang pria yang sedang menangis di dinding yang hancur. Lalu diberi nama 'Bomb, Gaza City'. Sontak, pria-pria Gaza yang melewatinya terkejut dan heran.


Tak hanya itu saja, Banksy juga menggambar anak-anak bergelantungan di komedi putar di pasar malam. Serta grafiti anak kucing lucu yang sedang bermain dengan wol. Berikut videonya:


(tia/tia)