Di Balik 4 Piala Oscar untuk 'Birdman'


Kamis, 26/02/2015 13:52 WIB


Adhie Ichsan - detikHOT

Halaman 1 dari 2



Bersama dengan film 'The Grand Budapest Hotel', 'Birdman' mendominasi ajang Academy Awards ke-87 dengan masing-masing membawa pulang empat Piala Oscar. Sutradara Alejandro Gonzalez Inarritu pun patut berbangga karena filmnya terpilih sebagai yang terbaik.

'Birdman' bercerita tentang tokoh protagonis utama Riggan Thomson. Dulunya ia adalah aktor Hollywood yang bersinar lewat peran superhero Birdman, namun cahaya ketenaran memudar seiring dengan usianya yang terus bertambah.


Riggan berusaha keras mengembalikan kejayaannya sebagai aktor lewat panggung Broadway dalam sebuah cerita singkat karya Raymond Carver. Itu merupakan kesempatan terakhirnya mendapatkan spotlight, dan Riggan tak hanya berjuang memainkan peran. Ia harus melawan ego dan pergolakan dalam dirinya.


Faktanya, Riggan populer dengan peran superhero, tetapi ia tersiksa secara batin karena peran itu tidak membutuhkan kualitas akting yang pantas mendapat pujian. Anda hanya membutuhkan ledakan di sana-sini dengan polesan CGI, sedikit adegan action, dan boom! Ratusan jutaan dollar masuk ke kantong studio.


Baca Juga: Fakta Ironis Bintang Film Kulit Hitam Pertama yang Raih Oscar


Inarritu secara jeli mempercayakan karakter utama pada sosok Michael Keaton, yang dalam kehidupan aslinya mungkin memiliki kedekatan emosional dengan tokoh yang ia perankan. Keaton pernah memakai jubah kebesaran Batman pada tahun 1989 dan 1992.


Inarritu dan sinematografer Emmanuel Lubezki menggunakan banyak single shot, yang secara teknis memberikan gambar unik dengan tingkat kesulitan tinggi. Tapi konsep itu memang sudah dipersiapkan sejak lama, dengan banyak unsur pasca-produksi yang perlu dipertimbangkan sebelum principal photography.


(ich/ron)