Buku JRR Tolkien Tak Lagi Terpopuler di Inggris

Jakarta - Laporan tahunan 'What Kids are Reading' menempatkan penulis 'The Hobbit' dan 'Lord of the Ring' di posisi terbuncit. Novel fantasi ini keluar dari daftar terfavorit yang selalu dibaca oleh anak-anak sekolah.

Ini pertama kalinya, sejak 6 tahun lalu Tolkien dihapus dari daftar tahunan tersebut. Tahun ini, novel 'The Fault in Our Stars' menjadi yang terfavorit dibaca oleh remaja. Diikuti oleh seri Hunger Games 'Catching Fire' oleh Suzanne Collins. Serta 'Divergent' karya Veronica Roth.


Seperti dilansir Guardian, Jumat (27/2/2015), salah satu siswa yang disurvei adalah Cassandra Clare, 20 tahun. "Tolkien populer di kalangan dewasa. Apalagi ia paling populer ketika Lord of the Rings baru rilis dan seri Hobbit keluar," ucapnya.


Baca Juga: Di Reruntuhan Gaza, Banksy Bikin Grafiti Terbaru


Sedangan kalangan anak-anak sekolah dasar justru menyukai cerita 'Demon Dentist' karya David Williams dan Liz Pichon. Di posisi kedua adalah komik buatan Tom Gates. Di posisi ketiga tetap ditempati oleh penulis 'Harry Potter' JK Rowling.


Penulis laporan Keith Topping seorang profesor penelitian pendidikan dan sosial di Dundee University mengatakan terdapat perbedaan yang kontras antara pembaca remaja dan anak-anak.


"Di tahun ketujuh laporan ini ada perbedaan. Banyak buku favorit tidak lagi menjadi favorit. Mungkin enam bulan kemudian, tidak lagi jadi terlaris," ucapnya.


(tia/mmu)