Mulai Produksi Februari 2015, Film 'Hatta' Lalui Riset Panjang

Jakarta - Pra produksi film Bung Hatta yang mengisahkan perjalanan Wakil Presiden RI pertama itu tidak mudah dilakukan oleh tim penulis skenario. Karenanya tim melakukan serangkaian riset hingga ke Belanda.

"Banyak hal yang kami dapatkan dari riset di Belanda ini. Termasuk menemukan tempat Hatta di penjara. Di berbagai buku tertulis Bung Hatta dipenjara di Cassius Straat, ternyata dari berbagai sumber literatur di Belanda, Hatta ditahan di jalan Casuarieastraat. Sayang, penjaranya sudah diganti gedung baru," kata penulis skenario Salman Aristo di Jakarta Selatan baru-baru ini.


Salman mengungkapkan hal itu dalam diskusi di Universitas Paramadina. Ia juga menjelaskan akan mengangkat sosok Hatta secara keseluruhan dalam rentang waktu 1927 hingga 1949.


"Banyak buku yang dijadikan sumber dalam film Hatta, lebih dari 70 buku. Tapi yang menjadi rujukan utama adalah buku memoar Hatta," kata Salman.


Bersama Erwin Arnada, Salman akan segera memulai produksi film tersebut pada Februari 2015 mendatang. Jika terwujud di tahun yang sama, maka film ini akan menyusul film biopik sebelumnya, 'Soekarno' yang digarap Hanung Bramantyo.


Sementara soal cast dan detail lainnya, Salman dan Erwin belum bisa menerangkan secara terang-benderang.


(kmb/tia)