Terinspirasi Cerita Gaib, Seniman Ini Bikin Karya Jin dan Leak

Jakarta - Berbekal hobi mendengarkan cerita gaib ketika kecil, seniman Rega Ayundya Putri terinspirasi menciptakan karya seni bertema mistis. Karya tersebut ikut dipamerkan di 'Indonesia Now Art eXpression' yang digelar di lantai empat Plaza Indonesia hingga akhir Agustus mendatang.

Sebanyak 8 karya Rega menggambarkan 'sosok' jin dan leak di atas kanvas kaca. Rega menggambarnya dengan spidol dan cat akrilik dalam penampakan warna-warna yang cerah.


Menurutnya, Indonesia adalah negara yang berada di garis Khatulistiwa. Percaya atau tidak, kisah hantu di negara-negara yang berada di jalur tersebut adalah yang paling banyak.



"Hantu adalah bagian dari kebudayaan kita. Banyak mitos dan legenda yang berasal dari cerita hantu," ungkap wanita yang pernah menjadi desainer grafis di The Goods Departement dan Greenlab Jakarta ini.


Menariknya orang-orang Indonesia tidak bisa terlepas dari cerita-cerita mistis. Entah warganya yang percaya dengan mitos tersebut maupun yang mencari ilmu hitam.


Namun lulusan Seni Rupa Institut Teknologi Bandung (ITB) ini tidak ingin menampilkan warna yang gelap dan menyeramkan. Ia justru membuatnya menjadi berwarna tapi tetap artistik.


"Hasilnya adalah kedelapan gambar yang saya buat di pameran ini," ujarnya. Karyanya diberi nama 'Fact of Fiction: #1 Leak dan #2 Djinn'. Dalam karya 'Djinn' ia menggambarkan sosok Genderuwo, Wewe Gombel, Jerangkong, dan Nyi Blorong.


(tia/mmu)