13 Tahun Jadi Wanita, Sam Brodie Akui Sulit untuk Kembali Jadi Pria

Jakarta - Sam Brodie mengakui sulitnya mengubah sebuah 'kebiasaan'. Apalagi ini mengenai 'jati diri' yang sudah disembunyikannya sejak dulu.

Sam memang sempat memalsukan identitas dan hidup sebagai wanita selama 13 tahun lamanya. Bahkan saat merintis karier sebagai artis lewat reality show 'Big Brother', Sam juga menggunakan jati diri sebagai wanita.


Ayah satu anak itu pun mengaku memang sangat sulit melalui proses pertaubatannya kembali ke kodratnya sebagai laki-laki.


"Proses dari perempuan untuk kembali ke kodratnya nggak gampang. Saya sudah terbiasa sebagai perempuan," ungkap Sam ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.


Sam menambahkan, dirinya memang makin kukuh untuk kembali ke jalan yang benar sejak mengenal Islam. Seiring ketertarikannya mendalami Islam, Sam mengaku makin mantap menjadi pria sejati.


"Ada niat berubah dan masuk Islam, Allah kasih jodohku, keluarga kecilku, ini impianku," ujarnya.


Mungkin sudah banyak yang tahu cerita mengenai Sam menjadi mualaf. Tapi artis berdarah Ambon-Surabaya itu mengaku sempat kesulitan pula dalam beribadah sejak memeluk Islam.


"Awalnya mengikuti salat sangat sulit. Masuk ke musala atau masjid bingung, mengikuti saja. Sekarang, alhamdulillah sudah lancar. Yang penting saya sebagai imam kasih contoh sama istri dan keluargaku," tandasnya.


(kmb/mmu)