Psikolog: Beda Prinsip Bukan Alasan Artis Cerai

Jakarta - Kebanyakan artis menjadikan isu perbedaan prinsip sebagai alasan perceraian mereka. Yang terbaru ada pasangan muda Risty Tagor dan Rifky Balweel yang mengaku demikian.

Bisa dibilang hal itu merupakan dalih mereka di depan kamera untuk menyembunyikan alasan sesungguhnya. Alasan itu dinilai hanyalah basa-basi di hadapan wartawan.


"Kalau bicara mengenai perbedaan prinsip pada dasarnya saat memutuskan menikah tidak ada pasangan yang memiliki prinsip yang benar-benar sama," buka psikolog Ayoe Sutomo kepada detikHOT, Senin (1/9/2014).


Ayoe mencontohkan, banyak sekali pasangan yang langgeng meski berbeda prinsip atau keyakinan sekalipun. Ia menilai kurang tepat bila perbedaan itu menjadi penyebab perceraian.


"Ada yang bertahan hingga maut memisahkan, ada yang seumur jagung usia pernikahan sudah memutuskan bercerai. Artinya perbedaan prinsip harusnya bukan menjadi penyebab. Karena setiap pasangan yang menikah pasti memiliki perbedaan prinsip pastinya. Terlepas dari perbedaan tersebut jauh atau tidak," paparnya.


Dalam klarifikasinya, Risty mengungkapkan adanya perbedaan prinsip yang mendasar. Ia mengaku tak bisa menghindari perpisahan karena perbedaan itu.


Risty dan Rifky termasuk salah satu selebriti yang memutuskan menikah muda. Mereka juga sudah dikaruniai satu orang anak.


(pus/kmb)