Film 'Senyap' Menang di Penghargaan Festival Film di Italia

Jakarta - Film 'Senyap' Menang di Penghargaan Festival Film di Italia

Festival Film Internasional Venezia ke 71 yang digelar di Italia telah mengumumkan film-film yang menjadi pemenang. Di antaranya 'Senyap' film yang bercerita mengenai pembantaian massal di Sumatera Utara pada 1965 berhasil membawa pulang piala.


Film dokumenter yang disutradarai Joshua Oppenheimer ini juga sukses membawa lima piala di ajang festival film bergengsi tersebut. Gelar dari piala yang didapat yaitu Penghargaan Utama Juri (Grand Jury Prize) dan FIPRESCI Award (Penghargaan Federasi Kritikus Film Internasional) untuk film terbaik, Mouse d'Oro Award (Penghargaan Kritikus Online) untuk film terbaik, Fedeora Award (Federasi Kritikus Film Eropa dan Mediterania) untuk film terbaik Eropa-Mediterania, dan Human Rights Nights Award untuk film terbaik bertema hak asasi manusia.


"Penghargaan ini adalah sebuah kehormatan bagi kami, dan mudah-mudahan juga merupakan dukungan bagi upaya-upaya di Indonesia untuk menyelesaikan kasus pelanggarah HAM di masa lalu termasuk Tragedi 1965 dan komitmen untuk menghapus semua bentuk impunitas," kata Joshua dalam rilis yang diterima detikHOT.


'Senyap' bercerita tentang kasus pembantaian di lima negara yakni Denmark, Indonesia, Norwegia, Finlandia, dan Inggris. Dari Indonesia sendiri, 'Senyap' mengangkat sisi kelam pembantaian massal 1965 di Sumatera Utara. Adalah Adi Rukun seorang adik yang angkat bicara karena kakaknya dibunuh karena dituding komunis. Tak sendiri, Joshua Oppenheimer dibantu oleh Anonim sutradara pendamping asal Indonesia dalam penggarapan filmnya.


"Ini adalah gaung bagi suara-suara lirih keluarga korban, penyintas, dan mereka yang tertindas. Mudah-mudahan gemanya akan sanggup memperkuat suara-suara itu, karena di sela-sela kesenyapan itu juga ada banyak harapan," ujar Anonim.


Film Senyap diputar perdana secara internasional di Festival Film Internasional Venezia ke 71 di Italia pada tanggal 28 Agustus 2014. Dari Venezia, film Senyap diputar di Festival Film Telluride, Amerika Serikat, dan akan diputar di Festival Film Internasional Toronto 8 September mendatang.


(doc/doc)