Novel Satire Berhasil Menangkan Penghargaan

Jakarta - Sebuah novel beraliran satire berjudul 'Lost For Words' karya Edward St Aubyn berhasil memenangkan The Wadehouse Prize for Fiction Comic. Menurut Edward, menulis karya sastra satire dengan humor termasuk masih jarang ada.

"Satu-satunya hal yang saya yakini ketika menulis satire ini adalah saya tidak berpikir akan memenangkan hadiah apa pun," ujarnya seperti dilansir dari BBC, Kamis (22/5/2014).


Sebagai bagian dari perayaan kemenangannya, ia akan menyajikan karya terbarunya yang berjudul 'Gloucestershire Old Spot Pig'.


Di tempat kedua penghargaan ini diberikan kepada penulis Sebastian Faulks dengan novel terlarisnya 'Patrick Melrose'. Dewan juri mengatakan ia menempati posisi kedua karena karakter Jeeves dan Wooster tidak begitu kuat.


Sedangkan Helen Fielding akan dinominasikan untuk karya terbarunya 'Bridget Jones' dan 'Mad About Boy'. Serta Joseph O'Connor menulis kisah tentang perjalanan 25 tahun seorang Anglo-band rock asal Irlandia.


Novel The Last Word karya Edward ini mengisahkan tentang seorang penulis muda bernama Kureishi yang ditugaskan menulis biografi penulis kelahiran India. "Di dalam novel ini banyak budaya kontemporer," ujar David Campbell, penyelenggara dari The Wadehouse Prize.


Selain itu, tambah Campbell, banyak sindiran-sindiran halus mengenai dunia seorang penulis dan sastra. "Sebenarnya sangat lucu, novel satire ini akhirnya menang."


Para pemenang penghargaan sastra ini akan menerima hadiah di The Hay Festival pada 24 Mei mendatang.


(tia/ich)