Perankan Jokowi Muda, Teuku Rifnu Wikana Kuruskan Badan

Jakarta - Teuku Rifnu Wikana tak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan kepadanya sebagai pemeran utama film 'Jokowi'. Rifnu mengaku menurunkan berat badan hingga 11 kilogram.

Hal itu ia lakukan agar fisiknya menyerupai Jokowi yang kurus. Rifnu pun melakukan diet ketat.


"Saya kaget karena berat badan saya harus diturunkan menjadi 71 kilogram. Sulit, tapi semua yang dibutuhkan disediakan," ucapnya saat perilisan poster dan trailer film tersebut di Musro, Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (20/5/2013).


Rifnu mengaku tak sempat berdiskusi langsung dengan Jokowi mengingat kesibukannya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Namun ia banyak mengambil keterangan dari keluarga Jokowi dan teman-teman masa kecilnya.


"Dukungan dari mereka luar biasa," ucapnya bersemangat.


Selama membintangi 19 judul film, Rifnu kebanyakan menjadi pemeran pendukung. Aktor berusia 32 tahun itu pun merasa lebih terpacu semangatnya untuk membuktikan bahwa ia layak menjadi pemeran utama.


"Riset sekitar hampir sebulan, lebih kurang. Delapan bulan persiapan, syuting 1 bulan," terangnya.


Film arahan sutradara Azhar Kinoi Lubis itu melakukan pengambilan gambar di sejumlah kota yang masih otentik seperti di Solo. 'Jokowi' akan mengangkat cerita masa kecil, masa muda, dan kehidupan sang tokoh usai menikah.


Selain Teuku Rifnu Wikana dan Prisia Nasution, film tersebut juga dibintangi oleh Ayu Diah Pasha, Susilo Badar, Landung Simatupang, dan Ratna Riantarno.


'Jokowi' akan dirilis pada 20 Juni 2013, sekaligus menyambut ulang tahun Jokowi dan DKI Jakarta yang jatuh berturut-turut pada 21 Juni dan 22 Juni.


(ich/ich)