'Musisi Indonesia Jangan Hanya Jadi Cheerleader di Rumah Sendiri'

Jakarta - Konser dan berbagai festival yang menampilkan artis-artis asing terus meramaikan panggung musik di Tanah Air. Tentu saja hal itu menggembirakan, tapi ternyata juga menyisakan ironi.

Ironi itu muncul saat band-band Indonesia justru ditempatkan di second line. Dalam arti, musisi-musisi Indonesia ditempatkan tidak sejajar dengan pengisi band Internasional.


Setidaknya hal itu dirasakan oleh gitaris band Edane, Eet Sjahranie. Ia pun berharap musisi Indonesia tak hanya diibaratkan 'numpang lewat' dalam festival besar tersebut.


"Kita kan kebanyakan cuma ikut nimbrung, tentunya nggak bisa maksimal, apalagi kita juga nggak bisa sekelas dengan band-band internasional," ujar Eet saat ditemui di kawasan Senayan, Rabu (30/5/2013).


"Masukan gue ya sebenarnya senang-senang aja bisa manggung, tapi banyak faktor yang lumayan wanti-wanti jangan sampai malah kita yang seperti cheerleader aja," sambungnya.


"Sebuah band di sini memang hanya bisa andil di Indonesia saja kah? Harus ada support bisa didorong keluar lagi," tegasnya.


(fk/mmu)