'Barefoot Friends,' Ketika Para Idola KPop Hidup di Tanah Asing

Jakarta - Apa jadinya bila selebritis Korea yang biasa hidup bergelimang harta dan berbalut popularitas harus bepergian ke negara lain dan mengecap hidup layaknya masyarakat awam lokal? Dipastikan banyak keseruan terjadi yang sebelumnya tak pernah kamu duga.

Variety show terbaru 'Barefoot Friends' akan tayang perdana mulai 21 Mei 2013, setiap Selasa pukul 22.45 WIB di saluran khusus tayangan hiburan Korea, ONE.


Ditilik dari judulnya, Barefoot yang secara harfiah berarti bertelanjang kaki melambangkan semangat, ketulusan, serta kesulitan nyata yang tersaji dalam hidup. Sementara Friends yang berarti teman tak hanya melambangkan para peserta, tapi juga masyarakat lokal yang mereka jumpai dan banyak membantu menyelesaikan tantangan demi tantangan.


Intinya, di acara ini publik disuguhi para bintang Korea menjajal kehidupan baru. Mereka akan bertemu dengan orang baru di tempat yang baru, sembari menjelajahi warisan budaya dan lingkungan alam tanah asing untuk merasakan kebahagiaan yang sungguhnya versi masyarakat lokal.


Kang Ho Dong yang sebelumnya sukses dengan program 'X-Man', 'Strong Heart', dan 'Star King' ditunjuk sebagai MC utama. Bersama Yoon Jong Shin, Yoo Se Yoon, Yoon Si Yoon, Kim Bum Soo, Kim Hyun Joong (Boys Before Flowers, Ss501), Eunhyuk (Super Junior), dan UEE (After School), mereka bakal menjalani serangkaian misi tantangan tanpa alas kaki!


Keseruan sudah dimulai di episode pertama saat mereka terbang ke Vietnam dan dibawa ke tempat misterius dengan mata tertutup. Bayangkan, saat membuka mata yang terlihat hanyalah hamparan pasir luas alias gurun superkering dan gersang. Meski awalnya kaget bukan main, Kang Ho Dong antusias menyambut tantangan untuk hidup seperti salah satu suku lokal Vietnam itu.


"Saya rasa ini akan menjadi perjalanan tak terlupakan seumur hidup," ujarnya dalam siaran pers yang diterima detikHOT, Senin (20/5/2013).


"Sebagai selebriti, saya sering ingin hidup seperti orang normal. Tapi setelah pengalaman hari ini, saya merasa menjadi orang normal adalah hal paling sulit. Apalagi yang hidupnya sangat tidak beruntung. Karena itu saya sangat bahagia dan bersyukur sekarang bisa melakukan hal apa pun yang saya mau," tutur aktor yang beradu akting dengan Lee Min Ho di serial drama populer 'Boys Before Flowers' itu.


Usai Vietnam, Indonesia menjadi negara kedua yang dikunjungi 'Barefoot Friends'. Tepatnya di Yogyakarta, selama lima hari empat malam para peserta kembali menjajal suasana hidup berbeda dari sebelumnya.


Tantangannya pun tak kalah seru. Kalau di Vietnam, Eunhyuk (yang terpaksa absen di Indonesia karena harus ikut rangkaian konser Super Junior 'Super Show 5' di Amerika Selatan) harus menjual soda di pasar, kali ini gantian Kim Hyun Joong dan Yoon Si Yoon yang mengunjungi pasar di Yogyakarta.


Di sana mereka harus bertanding unjuk gigi menarikan lagu 'Gee' milik girlband SNSD untuk memenangkan hati penjual buah agar diberikan pekerjaan. Selain itu para peserta juga sempat mencicipi makanan khas Indonesia seperti bakso dan wedang ronde.


Setelah Indonesia, tim Barefoot Friends bakal bertolak ke Srilanka.


(ich/mmu)