'What About Now': Bukan Melodi Terbaik Bon Jovi

Jakarta - Sekilas tertangkap kesan yang berbeda ketika pertama kali melihat cover album terbaru Bon Jovi 'What About Now' ini. Begitu bercorak dengan banyak grafis-grafis yang tidak biasa.

Terlihat penggambaran sebagai Bon Jovi hanya logo khasnya sebuah hati yang ditusuk dengan pedang. Isi dalam cover sendiri pun tak 'seindah' seperti apa yang digambarkan.


Lebih dalam mendengarkan 12 lagu yang mengisi album yang didistribusikan oleh Universal Music Indonesia itu, ada nuansa lain. Band yang digawangi Jon Bon Jovi (vokal), Richie Sambora (gitar), David Bryan (keyboard) dan Tico Torres (drum) seperti menampilkan sisi lain mereka.


Dibuka oleh track pertama yang juga hits jagoan mereka, 'Because We Can', lagu ini jelas menjadi single hits mereka dan mungkin siapa pun setuju. Alunan distorsi tipis ala Sambora dan ketukan drum Torres menciptakan harmoni yang sangat Bon Jovi.


Di lagu ini juga terdengar sisi lain Bon Jovi yang semakin dewasa dan lugas. Dilihat dari lirik-lirik penuh semangat. Mereka seperti ingin membagi apa yang mereka rasakan kepada banyak orang. Jelas lagu ini berbeda, dalam arti positif, dari lagu-lagu mereka sebelumnya.


Menyusul 'I’m With You' yang entah mengapa bunyi dan kocokan gitar yang terdengar sedikit pop punk. Mungkin Sambora ingin bereksplorasi di lagu ini dan hasilnya kurang pas dengan suara vokal dari Jon.


Tema cinta dan lirik yang menyayat hati masih menjadi jagoan band yang berdiri sejak tahun 1983. Pada lagu 'What About Now', Bon Jovi terdengar sangat nyaman memainkan aransemen mereka, komposisi antar pemain yang pas di setiap bagian lagu menjadikan kerinduan tersendiri bagi fans setia Bon Jovi.


Ada dua lagu balada akustik yang juga memanjakan telinga, yaitu 'Amen' dan 'The Fighter'. Di lagu 'Amen' sendiri terdengar ketulusan seorang laki-laki yang begitu bersyukur atas kekasih yang mencintainya.


Satu lagi eksplorasi band asal New Jersey ini, di lagu 'What’s Left of Me', ada instrumen yang terdengar seperi ukulele atau banjo sehingga muncul sentuhan country di bagian refrain.


Beberapa lagu masih terdengar sangat Bon Jovi, tapi selebihnya seperti kurang dipoles, tidak bisa dibilang album ke-12 ini istimewa. Meskipun album ini bukan melodi terbaik Bon Jovi, tapi Bon Jovi tetaplah Bon Jovi.


Tidak ada satu pun yang menyerupai dan mencapai kesuksesan yang pernah mereka raih. Album ini sebetulnya adalah pertanyaan Bon Jovi terhadap seluruh dunia, apakah kami masih bisa bertahan? Apakah kalian masih mencintai karya baru kami? 'What about now?'


Tracklist album 'What About Now':

1. Because We Can

2. I'm With You

3. What About Now

4. Pictures of You

5. Amen

6. That's What the Water Made Me

7. What's Left of Me

8. Army of One

9. Thick as Thieves

10.Beautiful World

11.Room at the End of the World

12.The Fighter


(fk/mmu)