Alenia Pictures Bikin Film Anak-anak untuk Imbangi Film Hollywood

Jakarta - Berawal dari keprihatinan akan minimnya film anak-anak, Ari Sihasale dan Nia Zulkarnain mendirikan rumah produksi Alenia Pictures. Pasangan suami-istri itu kemudian fokus membuat film untuk anak-anak agar bisa mengimbangi dominasi film Hollywood di bioskop.

Nia dan Ari yang memiliki banyak keponakan kadang mengisi liburan dengan pergi ke bioskop. Namun yang mereka tonton selalu summer movie Hollywood.


"Jadi dari situ saat kita membuat Alenia Pictures kenapa kita nggak buat film anak-anak? Pada saat kita membuat 'Denias' waktu itu tahun 2006 itu masih belum banyak," ucap Nia saat ditemui di FX, Plaza, Kamis (2/5/2013).


Nia beranggapan, dunia anak-anak yang identik dengan keceriaan adalah masa yang tak akan dilupakan bagi mereka. Oleh karena itu ia ingin berkomitmen untuk memberikan konten hiburan yang seru, namun tetap mengedukasi.


Alenia Pictures kemudian membuat 'Liburan Seru!' (2008), 'King' (2009), 'Tanah Air Beta' (2010), dan 'Serdadu Kumbang' (2011). Saat ini mereka juga sedang terlibat dalam sebuah acara yang menjaring bakat anak-anak untuk membuat film.


Lalu, apakah Nia dan Ari tak berkeinginan untuk membuat film drama atau film untuk orang dewasa yang lebih komersil?


"Kita juga sempat kepikiran, tapi selalu anak-anak yang mengingatkan kita kembali ‘nanti kita punya film apa dong’. Jadi akhirnya ya udah tiap tahun bikin film anak lagi," pungkasnya.


(ich/mmu)