Wayang Orang Sriwedari Akan Gelar Pementasan 'Petruk Dadi Guru'

Jakarta - Di penghujung bulan ini, kelompok Budayaku grup Wayang Orang Sriwedari Solo kembali akan mementaskan karya terbarunya yang berjudul 'Petruk Dadi Guru'. Pentas tersebut dijadwalkan akan digelar pada 29 November di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

Seperti dalam rilis yang diterima detikHOT, Sabtu (15/11/2014), sutradara Agus Prasetyo menceritakan jika lakonnya ini menceritakan tentang Betara Guru yang menghilang dari kahyangan demi memuaskan rasa cintanya kepada Dewi Lesmanawati.


"Nantinya ketika Betara Guru menghilang dan menanggalkan bajunya di hutan, baju itu ditemukan oleh Petruk. Para Dewa mengira Petruk adalah adalah Betara Guru yang mengilang," ujarnya.


Agus yang tergabung dalam Kelompok Seni Tari di Keraton Kasunanan Surakarta dan Pura Mangkunegaran ini mengajak Nanang Hape sebagai penata artistik. Nanang sangat menguasai sekaligus paham akan setiap adegan dalam suatu pergelaran wayang orang.


Sehingga ia dapat memperkuat 'jiwa' adegan demi adegan dalam suatu lakon pagelaran wayang orang yang sedang ia tangani. Lakon Wayang Orang Sriwedari Solo ini merupakan salah satu program acara dari peringatan Hari Jadi TIM. Tiket lakon berdurasi 90 menit ini dihargai Rp 200 ribu, 150 ribu, dan Rp 100 ribu.


Jangan sampai terlewat!


(tia/doc)