Chef Chitra Ingin Kenalkan Masakan Indonesia ke Seluruh Dunia

Jakarta - Sosok Chef Chitra belakangan kerap wara-wiri di layar kaca mengisi program masak-memasak di berbagai stasiun televisi. Jago memasak, serta ditunjang paras yang cantik membuat namanya cepat populer.

Cewek kelahiran Jakarta, 9 Agustus 1985 itu mengaku telah jatuh cinta dengan pekerjaannya tersebut. Ia merasa punya kepuasan tersendiri saat mengolah berbagai bahan masakan menjadi makanan yang menggoda selera.


"Ketika memasak, itu ibarat seorang pelukis yang dikasih kuas dan kanvas. Saya mencurahkan passion dan soul saya di situ sampai terhidangnya sebuah makanan," ungkapnya saat berbincang di kantor detikHOT di daerah Jakarta Selatan, belum lama ini.


Chitra pun merasa bahagia jika masakan yang dibuatnya disukai orang yang mencoba. "Masak buat saya adalah terapi stress. Jadi kalau saya masak, saya selalu merasa happy, dan rileks," sahut sosok berdarah Sunda, Tionghoa, dan Belanda itu.


Selain jago membuat aneka kue dan roti, Chitra juga sangat piawai memasak berbagai makanan Indonesia. Lewat profesinya tersebut, sulung dari dua bersaudara itu bahkan ingin memperkenalkan kuliner khas nusantara ke seluruh dunia.


"Saya sangat cinta masakan Indonesia karena sangat beragam dengan segala macam bumbu, dan variasinya luar biasa. Makanya saya ingin mempopulerkan ke luar negeri, ke seluruh dunia," jelasnya.


Cewek bernama lengkap Chrysania Chirta Dewi itu pun kini sedang membuat usaha catering rumahan yang menyuguhkan rendang sebagai menu favorit. Apalagi makanan itu pertengahan 2011 lalu menempati urutan ke-11 makanan terenak di dunia versi CNNgo.


"Saya nantinya nggak hanya jual di Indonesia, tapi di ekspor juga ke beberapa negara di Asia. Banyak teman-teman bule saya yang penasaran pengen nyicipin rendang itu seperti apa, kan itu makanan terenak di dunia," ucapnya semangat.



Bagi Chitra, kuliner Indonesia tak kalah dengan negara-negara lain. Makanya, pemilik Chef's Kitchen itu sering memasak, dan menghidangkan menu-menu khas nusantara untuk keluarganya.


"Saya setiap hari masak yang beda-beda kalau di rumah, dan itu kebanyakan masakan Indonesia. Dari mulai pindang, pepes, berbagai macam sambel, pokoknya semuanya deh. Saya soalnya seneng bereksperimen di rumah," tandasnya.


(bar/hkm)