Segarnya, Ada Kolam Renang Rahasia di Gurun Pasir

Jakarta - Jika berjalan kelewat jauh atau terlalu lelah di dataran gurun pasir, seringkali orang akan mengalami fatamorgana. Merefleksikan hal-hal yang ia butuhkan, tampak seperti kenyataan. Misalnya ada danau atau kolam di tengah gurun, dimana Anda bisa langsung nyebur begitu saja. Hal ini sudah bukan lagi fatamorgana, impian apalagi khayalan!

Kini di kawasan gurun pasir Mojave, di California terdapat sebuah kolam renang mungil. Kolam renang ini bersifat rahasia dan lokasinya hanya bisa diakses dengan panduan dari kordinat GPS. Kolam ini dibuat oleh seorang seniman asal Austria, Alfredo Barsuglia, dan telah secara resmi dibuka untuk publik.

Setiap hendak datang ke sini, pengunjung hanya perlu mendaftar ke MAK Center for Art and Architecture di Hollywood, agar diberikan pentunjuk koordinat persis lokasi ini berada.

Kolam renang ini dibentuk minimalis modern dengan balutan warna putih, tujuan tak lain agar memberi kontras yang tinggi dengan suasana gurun pasir sekaligus memberi kesan yang segar dan bersih. Kolam renang yang masuk sebagai instalasi seni ini disebut sebagai Social Pool.

"Karya ini mengandung unsur perubahan sosial ekonomi yang masif selama empat puluh tahun terakhit," kata Alfredo dilansir dari situs pribadinya, alfredobarsuglia.com, Jumat (4/7/2014).

"Untuk banyak orang seni sering dianggap sebagai jalan yang menghantarkan prinsip layanan ekonomi dan tidak memiliki ide kemanusiaan atau mengacu edukasi," sambungnya.

(ass/mmu)