Mayumi Haryoto, Ilustrator Terkenal dari Poster Film 'Pintu Terlarang'

Jakarta - Di dunia ilustrator tanah air, nama Mayumi Haryoto sudah tak diragukan lagi. Berbagai cover album, poster film, cover buku, hingga ilustrasi brand pernah dipegangnya. Proyek yang terkenal dan membuat namanya melambung adalah poster film 'Pintu Terlarang' dan cover album band 'SORE'.

Selama delapan tahun berkarir, ia pun sudah khatam dengan seluk beluk dunia kreatif Indonesia. Siapakah Mayumi Haryoto?


Rabu pekan ini (2/7/2014), di tengah kesibukannya, detikHOT menemui Mayumi di kantornya yang berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Wanita lulusan D1 Desain Grafis di International Design School ini menceritakan bagaimana awalnya ia berkecimpung di dunia kreatif.


Mayumi mulai bekerja di usia 18 tahun dan pernah merasakan di berbagai perusahaan. Dari industri game, graphic house, advertising, production house, label rekaman, dan lain-lain.


Pengalaman banyak bekerja di kantor orang tersebut membuatnya matang dan memperluas jaringan. "Saya jadi tahu bagaimana menghadapi klien dari industri seperti ini dan tahu kalau, oh ternyata gambarnya dipakai sampai setahun bukan proyek satu kali jalan."


Dari situ, ia mengenal Joko Anwar dan diajak untuk membuat poster film 'Pintu Terlarang'. Pesanannya hanya satu yakni buat poster untuk dibawa ke festival film internasional, bukan yang komersil.



Alhasil sebuah gambar poster bertemakan vintage dan berwarna kalem berhasil dibuatnya. Mayumi menggambarkan kepala Gambir (Fachri Albar) yang beprofesi sebagai pematung psikopat dengan dipenuhi banyak hal.


"Poster ini memang dibuat seimajinatif mungkin. Karena kan buat festival, tapi versi komersilnya yang buat di Indonesia dibuat sederhana dan gampang dicerna," ujarnya.


Sebelum datang proyek tersebut, Mayumi sudah mendesain semua cover album SORE. Bahkan salah satu cover 'Centralismo' pernah mendapatkan penghargaan Best Album Cover AIMA di Malaysia tahun 2009.




(tia/ass)