SISTAR Bersinar Sejak Debut

Jakarta - Menjadi nomor satu tentu impian semua grup dan solois KPop. Demikian pula grup dengan empat member, SISTAR. Debut pada 2010 di bawah manajemen Starship Entertainment, musim panas 2013 ini SISTAR berjaya di banyak chart dan duduk di posisi pertama dengan hits 'Give It To Me'.

Penghargaan ini rasanya pantas diperoleh SISTAR karena kerja keras Hyorin, Bora, Soyou dan Dasom sejak debut hingga saat ini memang luar biasa.


Sebelum menjalani hari-hari sebagai grup KPop, Starship Entertainment merilis beberapa video latihan dan pre-debut para member SISTAR yang membuat semua orang tentu saja semakin penasaran dengan grup ini.


Video Hyorin menyanyikan lagu 'Hurt' milik Christina Aguilera mendapat banyak komentar positif. Member kelahiran 11 Januari 1991 tersebut menampilkan kualitas vokal yang memukau dan pengucapan Bahasa Inggris yang cukup baik.



Hyorin sebelumnya juga pernah mengikuti audisi di JYP Entertainment, manajemen yang membesarkan nama 2PM dan Wonder Girls. Dalam video audisinya, Hyorin menyanyikan lagu milik Whitney Houston yang berjudul 'I Have Nothing' dan kembali menampilkan suara indahnya dalam sebuah penampilan lain dengan lagu berbahasa Inggris.



Tidak hanya leader SISTAR tersebut saja, video latihan pre-debut member lainnya, Bora, juga tersebar lewat YouTube. Bora menampilkan gerakan dance enerjik dengan iringan lagu Fergie 'Get Your Hands Up'. Member kelahiran 30 Januari 1990 ini tampak mengagumkan dengan postur tubuhnya yang nyaris sempurna.



Jika Bora menunjukkan kemampuan dance maka Soyou hadir lewat video audisi dengan menampilkan suara indahnya. Dengan menggunakan seragam sekolah, Soyou menyanyikan lagu 'On The Road' milik Navi.


Sebelumnya Soyou adalah trainee di Cube Entertainment dan hampir debut bersama HyunA cs dalam grup 4Minute. Namun Soyou mengaku dirinya memiliki banyak kekurangan sehingga manajemen batal memilihnya. Beruntung, suara khasnya berhasil membuatnya masuk sebagai trainee di Starship Entertainment dan debut bersama SISTAR.



Kim Dasom menjadi member termuda yang bergabung dalam grup ini. Lahir 6 Mei 1993, Dasom menjadi member yang paling diperhatikan oleh para eonni-nya (panggilan kakak perempuan dalam Bahasa Korea). Beberapa fans sempat terkecoh dengan sebuah video pre-debut penyanyi Lee Dasom, personil Tahiti, dan menyangka bahwa gadis yang menyanyikan lagu 'L-O-V-E' milik Nat King Cole dalam video tersebut dalam Dasom SISTAR.


SISTAR akhirnya debut dengan hits berjudul 'Push Push' di tahun 2010. Saat itu, grup ini berusaha keras untuk bisa memperoleh tempat di hati para pecinta musik KPop. Karena hasil penjualan dan posisi di chart untuk lagu tersebut dapat dikatakan biasa saja satu bulan sejak perilisan, SISTAR kembali merilis single promosi kedua berjudul 'Shady Girl'.


Tempo lagu 'Push Push' lebih menghentak dibandingkan dengan 'Shady Girl' meskipun sama-sama bernuansa ceria. Jika sebelumnya SISTAR bergaya hip hop di video musik 'Push Push', 'Shady Girl' lebih menunjukkan sisi feminin dan elegan para member.


Sistar

Pakaian digunakan Hyorin cs di video musik 'Shady Girl' lebih kasual dengan menggunakan dress pendek dan bergaya bak pramugari di beberapa bagian. Hadirnya Kim Heechul 'Super Junior' sebagai bintang video musik ini juga menjadi faktor pendukung lain video ini.


Nama SISTAR meroket saat lagu ketiga 'How Dare You' dirilis November di tahun yang sama. Meskipun perilisan video musiknya sempat tertunda karena masalah politik yang memanas antara Korea Utara dan Korea Selatan saat itu, namun lagu ini berhasil menyapu bersih banyak chart seperti Melon, Mnet, Soribada, Bugs, Monkey3 dan Daum dengan menempati posisi 1. Sistar juga mendapat penghargaan 'Newcomer Award' lewat ajang bergengsi Golden Disk Awards saat itu.


Gaya bermusik dan style SISTAR mulai di terima oleh para fans musik KPop seiring dengan bertambahnya jumlah fans dan berkembangnya fandom mereka. SISTAR bahkan terus merajai chart saat merilis single pada tahun-tahun berikutnya.



(mmu/mmu)