'Khazanah Shalawat dan Lagu': Mengenang Uje Lewat Dendang dan Syair

Jakarta - Ustad Jefri Al Buchori mungkin telah tiada, tapi karyanya tak begitu saja menghilang. Bahkan, Uje 'bangkit' kembali lewat album religi 'Khazanah Shalawat & Lagu'

Mungkin tidak harus membahas tema karena 10 lagu di album tentu membahas hal yang sama. Kebesaran Allah sebagai sang pencipta, pujian kepada Sang Nabi SAW, hubungan sesama manusia dan anjuran untuk beribadah sebagai kewajiban.


Ada hal lain yang cukup variatif di album ini, yaitu musikalitas di setiap lagu begitu pas. Bicara tentang album religi, banyak orang langsung mengganggap nuansa Arabian yang menjadi dominan, tapi tidak kali ini.


Baru di track ketiga, 'Ya Nabi Salam', nuansa Arabian itu terasa, dengan tempo dan ketukan gendang yang membuat siapa pun yang mendengarnya serasa di Timur Tengah. Pada lagu 'Allah Maha' sebagai pembuka, aransemen musik tidak begitu spesial namun terbantu dengan lirik yang ringan tapi bermakna,


Lain halnya dengan track kedua, 'Ya Rasullah', shalawat kepada Nabi Muhammad SAW ini justru mengadopsi musik sebuah lagu dangdut melayu 'Jablay'.


Terlihat bahwa Uje tidak ingin memberikan jarak kepada hal-hal yang berbau negatif di masyarakat, sebagai seorang pendakwah ini menarik bukan?


Melaju kepada shalawat berikutnya, 'Shalawat Badar' yang dinyanyikan Uje bersama istri tercinta Pipik Dian Irawati. Terkesan tidak berbeda jauh hingga tiba pada shalawat berjudul 'Subhannallah'.


Hal menarik dari track keenam ini adalah lirik yang dipakai hanya lima bait untuk lagu berdurasi lima menit lebih. Harus diakui bahwa Opick berperan banyak dalam bidang aransemen musik di album ini.


Mendengarkan 10 lagu di aalbum ini tanpa disadari nuansa Opick terkadang cukup kuat di beberapa lagu. Namun hal yang membedakan adalah suara khas Uje yang membuat lagu dan shalawat tersebut terdengar lebih dalam.


Uje tidak bisa dibilang buta nada. Pendakwah yang juga sempat mencicipi dunia hiburan ini tahu betul kapan harus mengontrol emosinya.


Album ini kemudian ditutup dengan lagu yang sama saat pembukaan, 'Allah Maha', tapi kali ini komposer Dwiky Darmawan yang mengambil alih urusan musik. Lahan vokal pun diisi oleh teman-teman musisi yang ingine memberikan persembahan terakhir kepada Uje, mulai dari Melly Goelaw, Raffi Ahmad, Yana Yulio, Ita Purnamasari, AIJ, Nuri Maulida, Fatima Voices sampai Snada.


'Khazanah Shalawat & Lagu' judul yang pas bila mengingat peran Uje selama di dunia tidak hanya menghibur, tapi juga menjadi motivator, pendakwah. Tidak hanya untuk umat muslim, tapi sesama manusia.


Berikut daftar lagu di album 'Khazanah Shalawat & Lagu':

1. Allah Maha

2. Ya Rasullah

3. Ya Nabi Salam

4. Shalawat Badar feat Pipik Dian Irawati

5. I'tiraf

6. Subhanallah

7. Ya Robbna

8. Azab Illahi

9. Sepohon Kayu

10. Allah Maha (Melly Goelaw, Raffi Ahmad, Yana Yulio, Ita Purnamasari, AIJ, Nuri Maulida, Fatima Voices, Snada).


(fk/mmu)