Daniel Day-Lewis Awalnya Tolak Steven Spielberg untuk 'Lincoln'

Jakarta - Berawal dari penolakan, Daniel Day-Lewis malah mendapat berkah dengan mencetak rekor di Oscar. Sang aktor ternyata sempat menolak tawaran peran Abraham Lincoln dari Steven Spielberg sebanyak dua kali.

Spielberg kemudian membongkar rahasia dengan mempublikasikan surat penolakan Daniel. Uniknya, sutradara kawakan ini membeberkan fakta tersebut sambil mengumumkan bahwa Daniel menerima penghargaan sebagai aktor terbaik dari New York Film Critic Circle.


Spielberg menggarap konsep film 'Lincoln' selama sepuluh tahun. Saat pertama kali Spielberg menawarkan naskahnya kepada Daniel, aktor berusia 55 tahun itu langsung menolak.


Sutradara peraih dua Oscar itu kemudian merevisi naskah tersebut, namun Daniel tetap menolak. Hingga akhirnya setelah mengerjakan revisi terakhir, Daniel menerima tawaran Spielberg.


Berikut ini isi surat penolakan Daniel kepada Spielberg:


"Kepada Steven,


Saya sangat senang bisa duduk dan berbincang dengan Anda. Saya telah mendengar konsep Anda mengenai kisah sejarah ini. Saya juga telah membaca naskahnya, dan saya rasa naskah tersebut sangat menggugah emosi, terlihat mulai dari detail-detail dalam cara penuturan kisah sejarah monumental ini, hingga cara penggambaran para karakter utama yang empatik.


Saya tidak dapat mengatakan mengapa pada saat tertentu saya perlu mengeksplorasi kehidupan sebagai peran lain, tapi saya tahu bahwa saya hanya bisa menerima pekerjaan ini jika saya seolah-olah tidak punya pilihan lain; jika subjeknya kebetulan cocok dengan sebuah kebutuhan yang sangat pribadi, dan bila waktunya cocok juga.


Walaupun saya terkesima oleh Abraham Lincoln, rasa terkesima saya adalah rasa terkesima dari seorang penonton yang penasaran, bukan rasa terkesima dari seseorang yang ikut berpartisipasi. Itulah bagaimana perasaan saya sekarang. Saya tidak tahu apakah perasaan saya akan berubah, namun saya tidak akan meminta Anda untuk tetap membuka lowongan hanya berdasarkan sesuatu yang tidak pasti.


Saya harap Anda mengerti, saya senang Anda membuat film ini, saya harap Anda tetap bersemangat, dan tidak lupa saya juga berterima kasih karena Anda telah mempertimbangkan saya."


Setelah dinobatkan sebagai Aktor Terbaik Oscar 2013, bintang asal Inggris itu kemudian dicatat dalam rekor sejarah Academy Awards. Piala yang diterima Daniel lewat perannya sebagai Abraham Lincoln di film 'Lincoln' sekaligus menasbihkan dirinya sebagai aktor pertama yang mendapatkan Piala Oscar untuk kategori Aktor Terbaik selama tiga kali.


Ia mengalahkan Denzel Washington ('Flight'), Hugh Jackman ('Les Miserables'), Bradley Cooper ('Silver Linings Playbook'), dan Joaquin Phoenix ('The Master'). Sebelumnya, Daniel meraih Oscar untuk perannya sebagai Christy Brown di 'My Left Foot' (1989), dan sebagai Daniel Plainview dalam film 'There Will Be Blood' (2007).


(ich/mmu)