Ini Tantangan Reza Rahadian Perankan Tjokroaminoto

Yogyakarta - Reza Rahadian (27) berperan sebagai HOS Tjokroaminoto dalam film terbaru garapan sutradara Garin Nugroho yang juga menampilkan aktris senior Christine Hakim. Dalam film berjudul 'Guru Bangsa: Tjokroaminoto' Reza mengaku menghadapi sejumlah tantangan untuk perannya.

"Saya banyak belajar dari berbagai materi yang disiapkan tim riset mengenai tokoh Tjokroaminoto," ungkap Reza di sela-sela shooting di Kebun Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan Pertanian (KP4) Universitas Gadjah Mada (UGM) di Desa Kalitirto, Kecamatan Berbah, Sleman, Kamis (9/10/2014).


Menurut Reza, untuk pendalaman tokoh yang diperankan memerlukan waktu panjang. Dia pun sering berdiskusi dengan Garin Nugroho. Sebab data dokumentasi visual mengenai Tjokroaminoto tidak ada.


"Saya lebih sering diskusi dengan Mas Garin, terutama bagaimana menginterpretasikan," katanya.


Dia mencontohkan bahasa yang sehari-hari digunakan saat itu seperti apa, gaya berpakaian orang Indonesia saat itu hingga gerak tubuh Tjokroaminoto sendiri.


Dari gerakan tubuh Tjokroaminoto, Reza menemukan dua ciri khas yakni berdiri sambil mengacungkan telunjuknya dan duduk di kursi. Reza yang siap shuting itu kemudian berdiri di depan Hotel Oranje dengan tangan kiri dipinggang dan jari telunjuk tangan kanan menuding ke atas.


"Ya seperti ini salah satu gayanya terutama saat berorasi politik," sambil mencontohkan salah satu gaya Tjokroaminoto.


(bgs/mmu)