Film 'Erau Kota Raja' Bentuk Promosi Daerah Kutai Kartanegara

Jakarta - Karena jangkauannya yang luas, film juga bisa menjadi sarana yang efektif untuk mempromosikan suatu daerah. 'Erau Kota Raja' diharapkan bisa lebih mengenalkan kawasan Kutai Kartanegara kepada masyarakat Indonesia dan dunia luar.

"Untuk mempromosikan suatu daerah itu tidak murah, membuat film ini tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan nilai promosi yang seharusnya dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Tapi ini saya atas nama pribadi, karena saya merasa ada tanggung jawab untuk memajukan Kutai sebagai tanah kelahiran saya," kata Eksekutif Produser Rita Widyasari, Kamis (11/9).


Selain tetap memperhatikan daya tarik film melalui cerita dan akting para bintangnya, film 'Erau Kota Raja' juga mengangkat tentang kebudayaan Erau yang masih dilestarikan sampai sekarang di Kota Tenggarong.


"Semoga dengan adanya film Erau Kota Raja ini menjadikan contoh juga buat kepala daerah lainnya untuk tidak ragu dan komitmen juga untuk pembuatan film jika media film sebagai bahan untuk promosi daerah, karena dengan media film sebagai promosi sudah banyak yang berhasil seperti Laskar Pelangi, Mengejar Angin, Serdadu Kumbang dan film-film daerah lainnya," tukas Bambang Driaz sang sutradara dalam kesempatan yang sama.


'Erau Kota Raja' dibintangi Nadine Chandrawinata, Deni Sumargo, Ray Sahetapi, Jajang C Noor, Doni Sibarani, dan Herri chan. Film ini rencananya akan ditayangkan di bioskop pada November mendatang.


(ich/ich)