Ini 16 Karya yang Masuk Kompetisi Komik Indonesia 2014

Jakarta - Dari 216 komik Indonesia yang berhasil masuk dalam bursa penyeleksian Kompetisi Komik Indonesia 2014, terpilihlah 16 judul. Beberapa nama kreatornya sudah melanglang buana dalam dunia penerbitan komik.

"Dewan juri mengalami kesulitan dalam memilih karya yang terbaik. Karena karya-karya yang masuk memang sudah berkualitas. Tapi kami memilih di antara yang paling berkualitas," ucap Ketua Penyelenggara Kompetisi Komik Indonesia 2014 Tri Damayantho kepada detikHOT, Jumat (12/9/2014).


Tri menjelaskan sebelumnya mereka sudah melalui tahap penokohan berdasarkan jenis kelamin, usia dan sifat dominan dari karakter terpilih dalam komik. Kedua, pengembangan setting cerita. Ketiga, story telling yakni cara bertutur komik. Serta terakhir adalah penilaian keseluruhan visualisasi komik dari penggunaan teknik, alat, hingga desain.


"Tapi kompetisi belum berakhir. Nantinya akan ada pemenang dari dua kategori yaitu golden winner atau komik berwarna dan silver winner atau komik hitam putih," kata Tri.


Malam Penganugerahan Kompetisi Komik Indonesia akan dilaksanakan pada acara PopCon Asia 2014 pada 20 September mendatang pukul 20.00 WIB di gedung SMESCO, Jakarta Selatan.


Berikut nama 16 komikus berikut judul karyanya yang masuk Kompetisi Komik Indonesia 2014:


1. Aji Prasetyo (Kadhiri 1155M)

2. Alfa Robi (Rindu Rumah)

3. Anisa Novia Andari (Leuweung Sancang)

4. Danar Dwi Putra (Pintu Keluar)

5. David Sitanggang (Keluar Dari Rumah)

6. Dimaz Sadewa (Kroewel)

7. Dito Satrio Nugroho (Menunggu Hujan)

8. Feby Ulkia Efendi (Baburu)

9. Galang Tirtakusuma (Siklus)

10. Hidayah Tri Wijaya Putra (Chelonia Dunia di Luar Tempurung)

11. Mariel Botarino (Labirin)

12. Ockto Baringbing (Senyum 50000 Rupiah)

13. Olvyanda Ariesta (Lubang Kelinci)

14. Sukartoen (Sebutir Manusia)

15. Sweta Kartika (Puspadahana)

16. Yudi Sutanto (The Plastik)


(tia/mmu)