Banyak Campur Tangan untuk Album Baru, Once Lebih Puas

Jakarta - Penyanyi Once Mekel saat ini tengah proses penggarapan album terbarunya. Di album itu, ia mengaku lebih banyak campur tangan sebagai produser, mengaransemen musiknya sendiri, sampai mencipta lagu.

"Untuk album ini, saya bertindak sebagai produser, bisa milih pemain (gitar, bass, dan drum) yang saya sukai, range musiknya juga bisa yang enak, bisa pilih lagu yang kebanyakan lagu saya," kata Once saat ditemui sedang rekaman di studionya di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Rabu (9/4/2014) malam.


Pelantun lagu 'Dealova' itu merasa tak kerepotan mengurus banyak pekerjaan di album solo keduanya. Justru, ia lebih puas dan senang menikmati proses tersebut.


"Saya lebih puas hasilnya, lebih fun. Saya menikmati proses pembuatan album ini. Ketika saya turun langsung (jadi produser), saya harap bisa bawa lagu-lagunya pas live, jadi bisa ekspresif dan jadi diri sendiri. Saya jadi bisa tawarkan sesuatu yang segar untuk pecinta musik," jelasnya lagi.


Terjun langsung menjadi produser pun bukan hal baru yang dilakukan penyanyi bernama asli Elfonda Mekel. Ia pernah bekerja di posisi itu di album sebelumnya, meski hanya sedikit.


"Di album lalu juga sempet produseri sendiri, tapi jumlahnya lebih sedikit. Tapi banyak lagu lalu itu saya banyak terlibat produser dan pencipta lagu, tapi enggak banyak terekspose. Orang lebih banyak kenal saya sebagai penyanyi," pungkasnya.


Rencananya, pria 43 tahun itu menyiapkan sembilan lagu di album terbarunya. Dalam albumnya nanti, Once juga dibantu band Gugun Blues Shelter untuk mengaransemen musik di beberapa lagunya.


(mau/ich)