Mamah Dedeh: Nikah Siri Sering Dipakai Laki-laki untuk Main-main

Jakarta - Ustadzah yang dikenal dengan acara dakwahnya di televisi dini hari, Mamah Dedeh salah satu yang tak setuju dengan nikah siri. Menurut Mamah, demikian sapaan akrabnya, pernikahan siri banyak digunakan laki-laki untuk mempermainkan perempuan.

"Dalam Islam memang sah. Cuma, seandainya laki-laki tadi mengelak, kan namanya laki-laki. Kenapa sekarang dilarang, karena banyak laki-laki yang

namanya nikah siri dipakai main-main," jelasnya kepada detikHOT baru-baru ini.


Menurut Mamah, nikah siri bagi laki-laki kebanyakan bukanlah untuk niat membina rumah tangga seutuhnya. Melihat banyak contoh yang ada, perempuan kelahiran 5 Agustus 1961 itu melihat banyak pria yang menikah siri hanya untuk memuaskan hawa nafsu.


"Banyak yang bukan untuk nikah sesungguhnya. Tapi untuk kebutuhan hawa nafsunya. Jadi nikah siri di negara kita diperalat oleh orang-orang tertentu," jelasnya.


Ditambahkan Mamah, perempuan memang banyak dirugikan akibat pernikahan siri. Apalagi Mamah melihat banyak laki-laki yang menikah siri karena ingin nikmat sesaat.


"Misalnya, orang sudah punya istri kawin lagi. Biar sah, nikah sirilah mereka. Tapi, banyak yang niatnya hanya untuk hawa nafsu bukan

karena Allah. Itu yang salah," tuturnya.


(kmb/mmu)