'Musisi Inggris Raya Rajai Musik Dunia'

Jakarta - Industri musik dunia diisi oleh musisi dari berbagai belahan dunia. Namun, musisi Inggris Raya dinilai paling merajai musik dunia.

Sebuah badan survei asal Inggris, British Phonographic Industry (BPI) merilis daftar pencapaian pendapatan musisi dari Inggris Raya. Album dari musisi Inggris Raya disebut-sebut mencapai 13,3 persen dari penjualan album di dunia.


Tentunya hal itu menjadi pencapaian yang fantastis. Bahkan, untuk album paling laris di dunia, musisi Inggris Raya menduduki peringkat pertama dalam enam tahun belakangan ini.


Album-album tersebut adalah milik Amy Winehouse 'Back To Black' (2007), Coldplay 'Viva La Vida' (2008), Susan Boyle 'I Dreamed A Dream' (2009) dan Adele '21 '(2011, 2012).


"Musik sangat penting untuk identitas Inggris sebagai bangsa, dan dunia bisa benyanyi bersama kami," ungkap Chief Executive BPI Geoff Taylor seperti dilansir NME, Jumat (7/6/2013).


Pencapaian musisi-musisi Inggris Raya itu pun langsung diapresiasi oleh Perdana Menteri Inggris David Cameron.


"Kami sangat bangga atas keberhasilan industri musik Inggris menjadi yang pertama di dunia. Kita harus terus berkarya. Kami akan terus mendukung industri kreatif kita," ujar David.


(fk/mmu)