Banyak Artis Nikah Siri, Apa Motivasinya?

Jakarta - Ada beberapa alasan para artis memilih untuk nikah siri ketimbang menikah secara resmi atau tercatat secara sipil. Salah satu alasan itu dilontarkan oleh penyanyi Anji.

Eks vokalis Drive itu menikahi Wina Natalia secara siri. Hal itu ia lakukan sebagai 'pilihan sementara' untuk menepis gosip yang berkembang.


Sebelum akhirnya menikah, Anji memang pernah melalui masalah dengan Wina. Pertengkaran hebat pun terjadi. Namun akhirnya keduanya bersatu dalam pernikahan.


Lantas, sebenarnya apa lagi alasan mereka yang melakukan pernikahan secara siri? Menurut Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dr H Fuad Thohari, ada beberapa faktor yang mendorong seseorang memilih nikah siri dibanding menikah secara resmi.


Fuad menjelaskan, ada yang memang semata tak mau ribet atau juga yang memang ingin mendapatkan kesenangan sesaat.


"Alasannya orang nikah siri itu banyak. Pertama, terikat aturan lembaga negara karena dia kerja, kayak nggak boleh poligami. Kedua, bisa jadi nikah itu dianggap biayanya mahal, merepotkan, akhirnya jalan pintas nggak mau dicatatkan. Padahal aturan buku nikah itu nggak mahal. Ketiga, untuk menghilangkan jejak biar nanti kalau terjadi apa-apa nggak bisa nuntut," paparnya.


Fuad juga menilai, pernikahan siri meskipun sah di mata agama memang lebih banyak merugikan kaum perempuan. "Justru cenderung anak dan istri yang dirugikan. Kecuali, nikah siri suaminya baik dan tanggung jawab," tuturnya lagi.


(kmb/mmu)