Saatnya Anak-anak Bikin Film

Jakarta - Sebuah acara akan segera digelar untuk membantu mengasah bakat anak-anak dalam pembuatan film. Sebanyak 50 anak terpilih dari seluruh Indonesia untuk berperan sesuai minat meraka dalam sebuah produksi layar lebar. Mereka akan diberi tempat sebagai sutradara, penata artistik, penulis naskah, komposer musik soundtrack, juru kamera, aktor/aktris, dan penata kostum.

Pembuatan film ini diharapkan dapat memupuk kepercayaan diri anak-anak serta membentuk apresiasi publik akan karya anak negeri. Proses audisi akan dilakukan demi menemukan minat dan bakat yang tepat.


Anak-anak akan diminta untuk mengirimkan video untuk menunjukkan bakat dan kesukaan mereka. Akan disediakan juga analisis psikologis untuk mmngidentifikasikan bakat yang mendekati bila dibutuhkan.


Proses audisi ini bisa diikuti dengan tiga cara. Pertama, mengakses website www.biskuatsemangat.com dan mengunggah video sesuai minat dan bakat mereka. Lima ratus video dengan vote terbanyak akan menjadi finalis yang nantinya akan diseleksi menjadi peserta program.


Kedua, melalui audisi di tujuh kota besar di Indonesia, yaitu Semarang (Wonderia, 4-5 Mei), Jakarta (Plaza Utara GBK, 11-12 Mei), Surabaya (Parkir Timur Delta Plaza, 11-12 Mei), Bandung (Mei Bandung Cihampelas Walk, 18-19 Mei), Palembang (Benteng Kuto Besak, 18-19 Mei), Makassar (Lapangan Hasanuddin, 25-26 Mei), dan Medan (Lapangan Citra Garden, 25-26Mei).


Sepuluh anak dengan performa terbaik di setiap kota akan menjadi finalis tanpa harus mengumpulkan vote. Tiga anak dengan performa terbaik di tiap kota akan mendapatkan hadiah. Selain itu, peminat juga bisa mengirimkan langsung video dalam bentuk CD ke panitia.


Setelah proses audisi, lima puluh peserta pilihan akan mengikuti serangkaian program bimbingan dalam selama dua minggu yang dipandu oleh Ari Sihasale, Nia Zulkarnaen (Alenia Pictures), serta mentor ternama lainnya. Setelah melakukan proses produksi film secara langsung, anak-anak juga berkesempatan untuk mempelajari dan mengikuti proses pasca produksi dan akhirnya menikmati film yang akan didistribusikan dan dipertunjukkan bagi publik akhir program di penghujung tahun 2013.


(ich/mmu)