'Music from Another Dimension': Aerosmith yang Masih Mengejutkan

Jakarta - Menginjak usia 40 tahun sejak rilisan perdana mereka pada 1973, Aerosmith tetap menjadi sebuah legenda hidup yang nyata dan panutan bagi setiap rocker di dunia. Mereka sudah mulai nge-band bahkan ketika Slash masih bocah ingusan tanpa topi dan Gibson Les Paul di tangannya. Kharisma dan semangat Rock & Roll kelima pria gaek ini seakan tidak pernah terkikis oleh waktu.

Pada November tahun lalu, mereka merilis 'Music from Another Dimension', menandai album studio pertama sejak 'Honkin' on Bobo' (2004). Tentu saja, 8 tahun bukanlah waktu yang singkat, apalagi untuk urusan membuat sebuah album. Tapi, setidaknya penantian 8 tahun itu akhirnya membuah hasil: inilah album pertama mereka dengan materi baru setelah 'Just Push Play' (2001).


Dari sampul dan judulnya, 'Music from Another Dimension' mirip dengan poster film Hollywood jadul (lengkap dengan prolog yang memang sedikit mirip narasi film). Ibarat sebuah film, album ini terbagi menjadi 15 episode, dengan setiap adegan yang berbeda, terkadang liar bahkan brutal tapi juga romantis.


Episode pertama langsung dibuka dengan 'Luv XXX', menunjukkan bahwa band sehebat Aerosmith pun masih mengakui The Beatles sebagai pengaruh bermusik mereka, dengan sekaligus menggandeng salah satu anak Lennon, Julian Lennon untuk mengisi backing vocal di lagu ini.


Hard Rock megah ala Tyler dkk kembali muncul di episode berjudul 'Legendary Child'. Dengan melodi yang menghipnotis, lagu ini menjadi single pertama untuk mempromosikan album ini. Setelah mendengar 'Legendary Child', mungkin Anda akan terbayang dengan lagu-lagu Guns'N'Roses di era 'Appetite for Destruction'.


Bagi penggemar hits seperti 'Cryin'' dan 'Don't Want to Miss A Thing', maka di album ini ada 'What Could Have Been Love' yang akan menjadi favorit Anda berikutnya. Slow rock yang khas ini sungguh membuat kecanduan. Candu yang membuat Anda akan mendengarnya berulang-ulang tanpa pernah bosan.


'Can't Stop Lovin' You' yang menampilkan Carrie Underwood adalah sebuah lagu rock-country yang romantis dengan caranya sendiri. Tidak perlu dijelaskan lagi tentang lagu ini, karena Anda pasti akan menyukainya. Salah satu lagu favorit saya di album ini.


'Freedom Fighter' awalnya mungkin terlihat tidak berbeda dengan lagu-lagu Aerosmith lainnya, tapi tunggu hingga Anda melihat kredit di art sleeve album, yang tertera nama Johhny Depp di sana. Ya, betul, si Kapten Jack Sparrow itu menyumbangkan suaranya untuk backing vocal dalam 'Freedom Fighter'.


Walaupun tidak dapat menyaingi 'Rocks' (1976) dari segi musikalitas, ataupun 'Toys in The Attic' (1975) dari segi penjualan fisik, 'Music from Another Dimension' merupakan sebuah karya terkini (belum tentu yang terakhir) Aerosmith yang cukup mengejutkan. Beli albumnya dan bersiaplah untuk ber-rock&roll kembali bersama Aerosmith.


Rendy Tsu (@rendytsu) music director radio, album reviewer dan blogger yang mendedikasikan tulisannya untuk musik.


(mmu/mmu)