Lukisan Abad ke-18 Ini Termahal Sepanjang Sejarah

Jakarta - Akhirnya, lukisan karya pelukis post-impressionisme asal Prancis Paul Gauguin meraih rekor penjualan tertinggi sepanjang sejarah. Lukisan dua wanita Tahiti tersebut terjual Rp 13,8 triliun.

Seperti dilansir dari Independent, Jumat (20/2/2015), karya Gauguin menghapus rekor pelukis Cezanne yang sebelumnya mencapai angka penjualan Rp 2,1 triliun pada 2011 silam.


Namun, hingga kini belum diketahui siapa yang membeli lukisan termahal tersebut. Ia diketahui melukisnya di tahun 1892 setelah Gauguin tiba di Tahiti dan paling mahal dijual di Galeri Durand-Ruel di Paris.


Baca Juga: Unik! Mobil Terbalik Jadi Karya Seni di Jalanan


Selama hampir 50 tahun, lukisannya dipajang di dinding Kunstmuseum Basel, Swiss. Seorang sejarawan seni mengatakan ini adalah ikon dari seluruh lukisan Gauguin.


"Lukisan ini yang paling dicari pelukis di dunia," katanya.


Dalam sebuah wawancara kepada New York Times, dua orang art dealer mengatakan pembelinya adalah Qatar Museum. Museum tersebut telah mengoleksi karya seniman dunia ternama seperti Andy Warhol dan seniman terkaya di Inggris Damien Hirst.


Rudolf Staechelin yang dipercaya mengelola lukisan-lukisan Gauguin juga membenarkan identitas pembeli masih dirahasiakan.


(tia/mmu)