Seniman Asal Tiongkok Ai Weiwei Berpameran di Penjara Alcatraz

Jakarta - Salah satu seniman yang terkenal akan sikap pembangkangnya dan berasal dari Tiongkok, Ai Weiwei akan berpameran di dalam tahanan Alcatraz. Pihak penjara di pulau tersebut juga memberikan kesempatan bagi para pengunjung yang ingin melihat tujuh karya seni instalasinya.

Pameran yang disebut '@Large' mencerminkan bagaimana cerita mengenai isolasi berada di dalam tahanan. Serta terdapat potret dari 176 aktivisi dan tahanan politik yang dibangun dari 1,2 juta batu bata lego.


"Ketika orang ditahan karena keyakinannya dan mendapatkan rasa isolasi, sebenarnya Anda sedang dilupakan dunia," ujar direktur FOR-SITE Foundation Cheryl Haines dikutip dari Reuters Jumat (26/9/2014).


Eksibisi ini merupakan salah satu cara untuk tidak melupakan para tahanan tersebut. Karya seni instalasi lainnya bernama 'Stay Tuned' meliputi 12 sel blok yang dilengkapi dengan bangku dan speaker yang memutar rekaman dari seniman yang ditahan.


SebElum berpameran di penjara Alcatraz ini, di awal tahun ini Ai, 57 tahun juga menampilkan karya seni yang menceritakan bagaimana ia ditahan oleh pemerintah Tiongkok di sebuah galeri seni Berlin.


Ai Adalah seniman yang terkenal karena merancang stadion Bird's Nest untuk Olimpiade Beijing di tahun 2008. Ia juga dikenal sering mengkritik pemerintah Tiongkok terhadap kebebasan berbicara dan hak asasi manusia. Di tahun 2011, ia dilarang meninggalkan negaranya selama 81 hari karena karya seni yang dihasilkannya.


(tia/mmu)