59 Film dari Seluruh Dunia Siap Bersaing di Balinale 2014

Jakarta - Sudah setahun sejak gelaran yang ke-7 2013 lalu, kini Bali International Film Festival (Balinale) kembali dihelat. Mengangkat tema 'Focus On Woman', 59 film dari seluruh dunia siap ditampilkan.

Setelah melewati proses panjang selama lima bulan, 200 film yang masuk berhasil disaring ke dalam 59 film terbaik. Sedikit lebih sulit dibandingkan tahun lalu, karena Balinale 2014 memilih film-film bertemakan perempuan.


"Kita angkat tema perempuan karena banyak sekali perempuan yang terlibat dalam industri film. Di Indonesia sendiri, perempuan berperan banyak, mulai dari penulis naskah, DOP, sutradara, termasuk kru," buka Co-Founder Balinale, Deborah Gabinetti saat jumpa pers di Kawasan Wijaya, Jakarta Selatan, Kamis (25/9/2014).


Film dari segala genre akan hadir di Balinale gelaran ke-8 ini. Mulai dari independent, fiksi, dokumenter, film pendek maupun film utama. Seperti 'A Girl At My Door (Koreay, La Granade Bellezza (Italia, Pemenang Oscar 2014-Film Berbahasa Asing Terbaik), 'White Lies Dana (New Zealand) dan perwakilan dari Indonesia, film pendek berjudul 'Maryam'.


Selain menyajikan kompetisi, untuk pertama kalinya juga Balinale 2014 memberikan program baru bernama 'Open Air Cinema'. Program dimana siapapun bisa menonton film yang sudah dipilih setiapa harinya secara gratis di arena Beachwalk, Kuta, Bali.


Dijadwalkan, Balinale 2014 akan mulai pada tanggal 12-18 Oktober 2014 mendatang. Masing-masing film akan memperebutkan lima penghargaan bergengsi yang langsung dinilai oleh penonton, yaitu 'Best Short Movie', Best Documentary', 'Best Feature Movie', 'Best Overall Movie' dan 'Special Recognition'


"Dari 59 film itu, 21 di antaranya 'world premiere', jadi, Balinale kali ini tentu akan sangat menarik," tutup Deborah.


(hap/fk)