Buku Tertua Berbahasa Inggris Pertama Dilelang

Jakarta - Sebuah buku tertua di Inggris berusia 540 tahun yang dikenal sebagai buku cetak berbahasa Inggris pertama akan dilelang dengan harga lebih dari Rp 20,1 milliar. Buku tersebut ditulis 1463 silam dan berjudul 'The Recuyell of the Histories of Troye'.

Ceritanya tentang sebuah roman epik yang menggambarkan pahlawan mitologi Yunani sebagai tokoh ksatrianya. Balai Lelang Sotheby mengatakan buku itu ditawarkan untuk dilelang oleh Duke of Nothumberland.


"Buku ini diproduksi sebagai hadiah bagi istri baru Duke, adik dari Raja Inggris Edward IV," ujar spesialis buku dari Sotheby Gabriel Heaton seperti dikutip dari BBC, Jumat (18/7/2014).


Penterjemahnya adalah William Caxton yang merintis mesin cetak di Inggris. Ia mengerjakan proyeknya selama tiga tahun. "Karena banjir keluarga dari kerajaan melelang puluhan pusaka setelah perkebunan ditinggalkan dengan tagihan besar," ungkapnya.


Caxton juga menjelaskan jika buku bersejarah ini adalah buku yang pertama kali dicetak oleh seorang tokoh terkemuka di Inggris. Di epilog bukunya, Caxton berujar, "Di penulisan ini penaku dipakai, tanganku lelah, mataku redup karena terlalu banyak melihat kertas putih."


(tia/ron)